Kolaborasi Tokopedia-TikTok Bersama Mom Uung Berdayakan Para Ibu Lewat Afiliasi
Espos.id
Jenis Media: Bisnis
Esposin, JAKARTA -- Tokopedia dan TikTok Shop terus memperkuat komitmennya dalam membangun ekosistem e-commerce yang aman, inklusif, dan memberdayakan para pegiat usaha lokal di seluruh Indonesia, termasuk UMKM lokal kategori Mom & Baby. Salah satunya lewat gelaran talkshow bertajuk “Cerita Kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop bersama Mom Uung Berdayakan Komunitas Para Ibu lewat Program Afiliasi” sebagai bagian dari rangkaian acara Mom Uung Breastfeeding Festival 2025.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2024, bayi usia di bawah 6 bulan di Indonesia yang telah mendapatkan ASI eksklusif mencapai 74,73%. Karena itu, untuk mendukung kebutuhan para ibu dalam memberikan perawatan terbaik untuk anak, Tokopedia dan TikTok Shop menghadirkan berbagai produk ibu dan bayi berkualitas dari pelaku usaha lokal.
“Kami percaya pemberdayaan ekonomi digital bisa berjalan berdampingan dengan upaya mendukung kesehatan dan kesejahteraan keluarga Indonesia. Melalui kategori Mom & Baby serta kolaborasi bersama para pelaku UMKM, kami ingin memastikan lebih banyak masyarakat bisa mengakses produk berkualitas sambil menciptakan peluang baru lewat teknologi, termasuk menciptakan profesi kreatif seperti kreator konten atau afiliator, yang mendorong penjualan pelaku usaha lokal melalui pemanfaatan platform digital secara optimal,” ujar Rizky Juanita Azuz, Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, Indonesia, Jumat (1/8/2025).
Berawal dari Pengalaman Pribadi
Kehadiran program afiliasi terbukti membantu para pelaku usaha lokal, termasuk Jonathan Handoko Putra yang merintis Mom Uung (Tokopedia, TikTok Shop) bersama istrinya, Uung Victoria Finky. Berbekal keinginan untuk membantu para ibu yang mengalami kesulitan menyusui, Mom Uung lahir sebagai #SahabatPejuangASI dengan misi meningkatkan tidak hanya kuantitas tapi juga kualitas ASI.
“Lewat Tokopedia dan TikTok Shop, serta kolaborasi dengan afiliator, Mom Uung bisa menjangkau lebih banyak ibu dan calon ibu dengan pendekatan edukatif lewat konten video dan live shopping sekaligus membantu perekonomian mereka,” ungkap Jonathan.
Sepanjang semester 1/2025, kategori Mom & Baby di Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir dua kali lipat dibandingkan semester 2/2024. Pencarian di TikTok Shop untuk kategori serupa juga meningkat hampir dua kali lipat sepanjang semester 1/2025. Wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta turut mencatatkan transaksi tertinggi, dengan produk yang paling banyak dicari mencakup makanan bayi, susu formula, dan produk kesehatan bayi.
Fitur Live Shopping
Tak hanya mempermudah akses, Tokopedia dan TikTok Shop juga membuka peluang baru di era discovery e-commerce. Lewat fitur kreatif seperti video pendek dan live shopping, kreator konten dan afiliator bisa berperan aktif dalam mempromosikan produk UMKM lokal, termasuk di kategori Mom & Baby.
Salah satunya, kreator konten/ afiliator TikTok Shop Nadhira Hanum (@babyanumm), yang bisa mendukung perekonomian keluarga dengan mempromosikan produk Mom & Baby seperti Mom Uung.
“Lewat fitur live shopping di TikTok Shop, saya bisa bantu promosikan produk UMKM lokal seperti Mom Uung dan Moell dengan cara yang dekat dan personal bagi sesama ibu. Kuncinya ada di konsistensi membangun koneksi dengan audiens saat live shopping, amati-tiru-modifikasi, berani mencoba, dan doa orang tua. Bukan cuma menghasilkan, tapi saya juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar,” kata Hanum yang menjajal profesi sebagai afiliator sejak tahun 2022.
“Dengan lebih dari 8 juta kreator, kami melihat potensi besar dari kolaborasi antara penjual dan kreator konten atau afiliator dalam membentuk hubungan yang saling menguntungkan. Didukung oleh fitur interaktif seperti live shopping, kami terus berkomitmen untuk menghadirkan strategi pemasaran yang lebih personal, relevan, dan berdampak,” tutup Rizky. (NA)
Sentimen: neutral (0%)