Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Solo
Tokoh Terkait

Arifin
SBBI Awards 2025: Mengukur Kepercayaan Publik Lewat Riset Mendalam
Espos.id
Jenis Media: Ekonomi

Esposin, SOLO – Ajang penghargaan bergengsi Solopos Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2025 kembali digelar, membawa semangat baru melalui tema "Sustain and Bold, Legacy Unfold".
Memasuki tahun ke-26 penyelenggaraannya, SBBI Awards tak hanya memperluas cakupan wilayah dan kategori, tetapi juga menegaskan pentingnya pendekatan berbasis riset sebagai landasan utama dalam menentukan brand-brand terbaik pilihan publik.
Berbeda dari sekadar popularitas sesaat, penghargaan SBBI diberikan berdasarkan survei dan penilaian obyektif. Lebih dari 60 kategori brand dari berbagai sektor mulai dari finansial, otomotif, consumer goods, hingga pemerintah daerah yang disaring melalui metode riset digital dan validasi panel dewan juri independen. Metodologi ini menjadikan SBBI Awards sebagai ajang yang kredibel dan representatif terhadap preferensi konsumen serta kinerja nyata merek.
“Melalui pendekatan riset, SBBI menjadi cermin kepercayaan dan loyalitas masyarakat terhadap brand. Ini bukan sekadar ajang selebrasi, tetapi juga alat ukur keberhasilan dalam membangun relasi jangka panjang dengan konsumen,” ujar Koordinator Tim Riset SBBI 2005 dari Solopos Media Group (SMG), Syifaul Arifin belum lama ini.
Tahun ini, lanjutnya, SBBI memperluas wilayah survei tidak lagi hanya di Soloraya, tapi juga merambah ke berbagai kota di Jawa Tengah. Langkah ini sejalan dengan perubahan nama resmi menjadi Solopos Best Brand and Innovation Awards, sebagai bentuk adaptasi SMG terhadap dinamika pasar dan keinginan untuk menjangkau lebih banyak pelaku bisnis yang inovatif dan berpengaruh.
Selain penghargaan, SMG juga menyiapkan platform multiplatform untuk mengangkat cerita di balik kesuksesan brand. Melalui kanal berita, media sosial, hingga konten audio-visual, SBBI membuka ruang untuk mengulas lebih dalam bagaimana brand membangun strategi, berinovasi, hingga memberi dampak sosial. Pendekatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya.
Dengan tema “Sustain and Bold, Legacy Unfold”, SBBI Awards 2025 memberi penekanan pada tiga pilar utama:
- Sustain, yakni komitmen brand terhadap kualitas dan keberlanjutan
- Bold, yakni keberanian berinovasi dalam menghadapi perubahan zaman,
- Legacy Unfold, yakni kontribusi jangka panjang yang membentuk warisan positif di masyarakat.
Puncak penghargaan akan berlangsung pada 18 Juli 2025, menjadi ajang kolaboratif bagi pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan masyarakat luas untuk bersama-sama merayakan pencapaian sekaligus membangun masa depan brand yang lebih berdampak dan terpercaya.
Sentimen: neutral (0%)