Sentimen
Positif (93%)
17 Apr 2025 : 20.20

XLSmart bakal Kembalikan Spektrum Frekuensi 900 MHz yang Diminta Komdigi Sesuai Deadline - Page 3

17 Apr 2025 : 20.20 Views 20

Liputan6.com Liputan6.com Jenis Media: Tekno

XLSmart bakal Kembalikan Spektrum Frekuensi 900 MHz yang Diminta Komdigi Sesuai Deadline - Page 3

Pascamerger XL Axiata dan Smartfren, Dewan Direksi XLSmart memastikan tiga layanan seluler utama milik XL Axiata dan Smartfren akan tetap eksis.

Direktur sekaligus Chief Commercial Officer XLSmart David Arcelus Oses memastikan layanan XL, Axis, dan Smartfren akan tetap ada.

Ketiganya juga tidak akan berubah sehingga pelanggan tetap bisa menikmati layanan ini tanpa ada masalah.

"Tidak akan ada rebranding dari sisi layanan. Dari sisi pelanggan, XLSmart masih akan memiliki tiga brand: XL, Axis, dan Smartfren," tutur David, di sela konferensi pers Hari Pertama Operasional XLSmart di Jakarta, Kamis (17/4/2025).

David menambahkan, ketiga brand di atas memiliki strategi dan sangat fokus dengan segmen pelanggan masing-masing.

"Kami fokus pada segmen pelanggan spesifik pada masing-masing merek dan kami menciptakan proposisi nilai yang sesuai itu. Itu adalah strategi yang kami lakukan," kata David Arcelus Oses.

Misalnya, XL yang memiliki fokus pada pelanggan mass, Smartfren dengan target marketnya sendiri, dan Axis untuk menyasar pelanggan muda.

Kata David, berdasarkan pengalaman merger XL Axiata dan Axis di 2016 lalu, XL Axiata telah memiliki dua brand, yakni XL yang merupakan merek utama dan Axis fokus pada segmen anak muda.

Kini dengan adanya tiga brand yang eksisting, masing-masing akan fokus dengan segmen pelanggannya. Dari fokus itu, akan muncul proposisi berbeda dan strategi pemasaran berbeda untuk masing-masing merek.

"Singkatnya, tidak akan ada perubahan merek. Jadi, XL, Axis, dan Smartfren akan tetap sama. Pelanggan akan tetap sama, namun target pasar yang ditetapkan oleh tiga brand tersebut akan berbeda," katanya.

Sentimen: positif (93.8%)