Sentimen
Positif (100%)
10 Apr 2025 : 12.29
Informasi Tambahan

Grup Musik: APRIL

Kab/Kota: Labuan Bajo, Yogyakarta

Libur Lebaran 2025 Dongkrak Okupansi Kamar Hotel InJourney Hospitality - Halaman all

10 Apr 2025 : 12.29 Views 4

Tribunnews.com Tribunnews.com Jenis Media: Ekonomi

Libur Lebaran 2025 Dongkrak Okupansi Kamar Hotel InJourney Hospitality - Halaman all


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Libur Lebaran 2025 mendongkrak okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di jaringan hotel yang dikelola PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality) sebesar 4,1 persen dibandingkan periode yang sama di 2024.

Hotel-hotel dengan tingkat hunian tertinggi meliputi Inna Sindhu Beach Hotel, Merusaka Nusa Dua, The Meru Sanur, Lafayette Boutique Hotel, dan The Manohara Yogyakarta.

Puncak kunjungan wisatawan ke hotel-hotel InJourney Hospitality terjadi pada hari ketiga Idul Fitri yaitu pada 2 April 2025, dengan tingkat hunian mencapai 83 persen dan total kamar terjual sebanyak 3.858 unit.

Pada puncak liburan ini, seluruh klaster hotel InJourney Hospitality menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata tingkat hunian tertinggi di Klaster Jawa mencapai 91,7%, disusul Klaster Sumatera sebesar 86,5%, Klaster Bali sebesar 80,2%, dan Klaster Kalimantan sebesar 70,2%. Klaster Nusa Tenggara dan Sulawesi juga mengalami pertumbuhan yang positif.

Secara konsolidasi pada periode 28 Maret–5 April 2025, Klaster Bali mencatatkan rata-rata tingkat hunian tertinggi sebesar 73,1%, dipimpin oleh Inna Sindhu Beach Hotel, Merusaka Nusa Dua, dan The Meru Sanur.

Disusul oleh wilayah Jawa dengan tingkat hunian rata-rata sebesar 69,8% dimana tingkat hunian tertinggi adalah Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta.

Di Klaster Sumatera, Khas Ombilin mencatat tingkat hunian tertinggi, sementara Klaster Nusa Tenggara dipimpin oleh Meruorah Komodo Labuan Bajo. Klaster Kalimantan dan Sulawesi juga menunjukkan kinerja positif, dengan tingkat hunian tertinggi Yulia Hotel Gorontalo.

Direktur Utama InJourney Hospitality, Christine Hutabarat menyampaikan, libur Lebaran tahun ini memberikan kontribusi positif terhadap kinerja seluruh unit hotel InJourney Hospitality.

Menurutnya, kenaikan tingkat hunian hotel ini didorong oleh meningkatnya trafik wisatawan, perbaikan layanan, serta penyediaan fasilitas hotel berkualitas.

Hal ini menjadi magnet kunjungan masyarakat untuk merayakan momen Lebaran bersama InJourney Hospitality.

“Berbagai terobosan dan transformasi terus kami hadirkan guna menciptakan layanan optimal yang berkontribusi positif dalam menstimulus sektor pariwisata” papar Christine dikutip Kamis (10/4/2025).

Tak hanya dari sisi okupansi, lini Food & Beverage (F&B) juga menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang menggembirakan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peningkatan ini ditopang oleh tingginya konsumsi tamu, strategi promosi yang tepat sasaran, serta peningkatan kunjungan wisatawan.

Sentimen: positif (100%)