Sentimen
Positif (79%)
24 Mar 2025 : 17.26
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Gambir, Yogyakarta

Tokoh Terkait

KAI Pastikan Aplikasi Pemesanan Tiket untuk Mudik Sudah Lancar Megapolitan 24 Maret 2025

24 Mar 2025 : 17.26 Views 23

Kompas.com Kompas.com Jenis Media: Metropolitan

KAI Pastikan Aplikasi Pemesanan Tiket untuk Mudik Sudah Lancar
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        24 Maret 2025

KAI Pastikan Aplikasi Pemesanan Tiket untuk Mudik Sudah Lancar Tim Redaksi JAKARTA, KOMPAS.com -  PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan  aplikasi KAI untuk memesan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2025 sudah lancar. Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menegaskan bahwa aplikasi pemesanan tiket memang sempat mengalami kendala pada Februari. “Awal-awal memang ada kendala, lalu pertengahan Februari itu sudah lancar lagi,” kata Ixfan, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (24/3/2025). Ixfan menyampaikan, kendala yang sempat terjadi dalam aplikasi KAI sempat dijelaskan oleh kantor pusat KAI. Kini, aplikasi itu sudah normal kembali. “Sekarang sudah lancar 100 persen. Sekarang sudah normal kembali,” ungkap dia. Sebelumnya, karyawan swasta, Wahyu (55), menceritakan saat memesan tiket kereta api atau war tiket mudik Lebaran 2025.   Wahyu yang ingin mudik ke Yogyakarta mengaku sempat sulit mengakses aplikasi kereta api pada Februari 2025.  “Saya buka aplikasi KAI susah selama beberapa hari. Loading-nya lama, lalu ada daftar antrean pembeli juga,” kata Wahyu saat ditemui Kompas.com di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin. Kemudian, Wahyu membeli tiket kereta api pada tengah malam. Akhirnya dia bisa mendapatkan tiket mudik.  “Akhirnya, saya bisa dapat ketika membeli saat tengah malam,” ungkap dia. Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan gangguan dalam pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI karena terdapat lonjakan pemesanan tiket Lebaran pada Selasa (13/2/2025). Dia menjelaskan tanggal tersebut merupakan puncak tertinggi dalam periode penjualan. Namun, Anne memastikan telah melakukan upaya perbaikan agar sistem pemesanan tiket dapat berjalan optimal serta seluruh transaksi dapat diselesaikan dengan baik. "KAI menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam sistem pemesanan tiket. Setiap kendala yang terjadi, baik dalam proses antrean maupun transaksi pembayaran telah kami tindak lanjuti secara intensif," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (15/2/2025). Dia menambahkan, pihaknya juga sudah berkooordinasi dengan mitra pembayaran tiket untuk memastikan agar setiap transaksi yang terkendala dapat diselesaikan, termasuk proses pengembalian dana atau refund. Apabila masih terdapat kendala, lanjut Anne, pengguna KAI Access dapat melaporkannya ke layanan pelanggan KAI121 di media sosial, email  atau WhatsApp 08111-2111-121. Kendati aplikasi sempat mengalami gangguan, Anne mengimbau masyarakat tetap membeli tiket di kanal resmi KAI, yaitu aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id. Dia mengatakan, dengan membeli tiket di layanan resmi dapat menghindari potensi penipuan yang belakangan marak terjadi. "Sebagai bagian dari komitmen dalam memberantas praktik percaloan, sistem ticketing KAI saat ini telah menerapkan mekanisme yang lebih transparan dan ketat," ujarnya. Copyright 2008 - 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Sentimen: positif (79.9%)