Sentimen
Positif (100%)
3 Mar 2025 : 21.32
Informasi Tambahan

Event: Ramadhan

Grup Musik: APRIL

Kab/Kota: bandung, Bekasi, Gambir, Semarang, Senen, Surabaya, Yogyakarta

Tokoh Terkait

3,4 Juta Tiket Disiapkan oleh KAI untuk Angkutan Lebaran

3 Mar 2025 : 21.32 Views 31

Pikiran-Rakyat.com Pikiran-Rakyat.com Jenis Media: Nasional

3,4 Juta Tiket Disiapkan oleh KAI untuk Angkutan Lebaran

PIKIRAN RAKYAT – Angkutan lebaran tahun 2025 sudah dipersiapkan dan digunakan untuk kelancaran dalam mengangkut penumpang mudik tahun ini. Salah satu moda transportasi yang selalu dinanti kehadirannya adalah kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator penyelenggara operasional kereta api telah menyiapkan sebanyak 3.443.832 tiket kereta api jarak jauh (KA JJ) untuk angkutan libur Lebaran 2025. Hal ini guna memastikan kelancaran perjalanan masyarakat selama periode mudik tersebut.

"Dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api, KAI telah menyiapkan kapasitas hingga 3.443.832 tiket KAJJ untuk periode keberangkatan 21 Maret – 11 April 2025 atau selama 22 hari," ujar Anne Purba selaku Vice President Public Relation KAI pada Senin, 3 Maret 2025.

Pelanggan KAI yang memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan dapat melakukan pemesanan tiket KA Jarak Jauh hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Sementara itu, tiket KA Lokal tersedia mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan.

Anne lebih lanjut menyebutkan bahwa hingga Minggu, 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat penjualan tiket KAJJ Lebaran telah mencapai 1.486.649 tiket, atau 43,17 persen dari total kapasitas yang disediakan.

Tren penjualan akan menunjukkan adanya lonjakan permintaan dan terjadi pada H-3 atau 28 Maret 2025, dengan penjualan mencapai 102.233 tiket pada tanggal tersebut. Angka perkiraan ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat periode pemesanan masih berlangsung dan antusias pemudik belum begitu terasa saat ini.

Berikut adalah data sementara mengenai stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi selama musim mudik Lebaran 2025. 10 stasiun tersebut adalah Stasiun Pasar Senen 208.106 penumpang, Gambir 116.861 penumpang, Bekasi 65.489 penumpang, Kiaracondong 56.014 penumpang, dan Stasiun Yogyakarta 47.663 penumpang.

Lebih lanjut, stasiun yang merupakan memiliki volume keberangkatan tertinggi adalah Stasiun Surabaya Pasar Turi 47.198 penumpang, Surabaya Gubeng 44.973 penumpang, Lempuyangan 43.926 penumpang, Bandung 37.700 penumpang, dan Semarang Tawang Bank Jateng 35.456 penumpang

KAI telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan untuk masa angkutan Lebaran 2025. Tujuannya adalah untuk memastikan pengalaman dalam perjalanan untuk pulang ke kampung halaman kali ini terasa lebih nyaman bagi pelanggan yang menggunakan moda transportasi kereta api.

Langkah strategis yang ditempuh, salah satunya dengan melakukan penempatan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Petugas tersebut memiliki tugas untuk memberikan informasi dan juga memberikan bantuan kepada setiap pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan masa Lebaran 2025.

Anne memberikan penjelasan lebih lanjut dan menegaskan bahwa KAI memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2025.

Bentuk apresiasi kepada pelanggan yang sedang melakukan perjalanan selama bulan suci Ramadhan, KAI kembali menghadirkan program berbagi takjil gratis di berbagai stasiun. Program takjil ini berlangsung selama 10 hari, dari H-10 hingga H-1 Lebaran. Total 34.400 paket takjil yang akan dibagikan di 21 stasiun besar menjelang waktu berbuka puasa. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang berbuka puasa di perjalanan maupun di area stasiun.

Himbauan diberikan untuk masyarakat, segera melakukan pemesanan lebih awal melalui aplikasi Access by KAI atau situs web resmi kai.id guna mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan dan adanya kepastian untuk mendapatkan kursi.

Berbagai peningkatan layanan yang dilakukan, membuat KAI berharap dapat menghadirkan perjalanan yang lebih nyaman, aman, dan berkesan bagi pelanggan selama momen Lebaran.***

Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Sentimen: positif (100%)