Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: TransJakarta
Tokoh Terkait

Slamet Riyadi
Gandeng Pixel Group, KCIC Maksimalkan Pendapatan Lewat Ruang Beriklan - Halaman all
Tribunnews.com
Jenis Media: Ekonomi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mengembangkan bisnis non-farebox guna meningkatkan pendapatan di luar tiket.
Salah satunya menyewakan space di area stasiun dan kabin kereta Whoosh sebagai media promosi luar ruang ke pengiklan didukung oleh lonjakan volume penumpang dan frekuensi perjalanan kereta belakangan ini.
KCIC menyediakan 627 titik untuk media iklan yang mencakup LED, Lightbox, TV kereta, in-train branding, serta media lainnya yang tersebar di stasiun dan gerbong kereta.
“Lebih dari 80 brand dari berbagai sektor seperti perbankan, otomotif, kuliner, pariwisata, perhotelan, agen tiket, hingga produk fast-moving consumer goods (FMCG) telah memanfaatkan jaringan media iklan ini,” ujar Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi di pengumuman kerjasama dengan Pixel Group di Jakarta, Kamis (27/2/2025).
"Kolaborasi ini memungkinkan pemanfaatan teknologi berbasis data real-time serta kreativitas untuk menciptakan pengalaman iklan yang lebih inovatif dan interaktif bagi audiens," katanya.
KCIC juga terus mengembangkan bisnis non-farebox lainnya seperti pengelolaan area parkir, penyewaan lokasi usaha untuk ritel, hak penamaan stasiun, serta penyewaan area untuk pameran produk.
Saat ini ada 150 tenant yang bergabung termasuk 103 UMKM yang membuka usaha di Stasiun Whoosh.
David Leong, Direktur Pixel Group, menyatakan, kerja sama ini membangun ekosistem media luar ruang pertama pada moda transportasi cepat di Asia Tenggara.
Teknologi dan integrasi media luar ruang konvensional serta digital diterapkan secara menyeluruh di titik lokasi strategis, mulai dari stasiun, area tunggu, hingga di dalam kereta.
“Dengan pemanfaatan konten dinamis yang dapat disesuaikan berdasarkan data perilaku dan tren audiens, Pixel Group menghadirkan kampanye iklan yang lebih efektif dan terukur,” ujar David.
Pihaknya sedang mengeksplorasi lebih banyak potensi lokasi iklan di dalam kereta dan sepanjang rute perjalanan Whoosh.
Pihaknya juga menggandeng LRT Jadebek dan TransJakarta untuk bisnis ruang iklan ini.
"Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengiklan sekaligus memperkaya pengalaman penumpang dengan layanan transportasi modern yang lebih terintegrasi," kata David.
Sentimen: positif (96.6%)