Sentimen
Positif (99%)
11 Des 2024 : 18.00
Tokoh Terkait
Suharyanto

Suharyanto

Perpusnas Apresiasi Pustakawan Layanan Dan Pemustaka Teraktif Tahun 2024

11 Des 2024 : 18.00 Views 15

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

Perpusnas Apresiasi Pustakawan Layanan Dan Pemustaka Teraktif Tahun 2024


Krjogja.com - Jakarta - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) berkomitmen mewujudkan pelayanan publik yang baik sesuai dengan amanat reformasi birokasi. Hal ini dilakukan melalui pemberian apresiasi kepada pustakawan layanan terbaik yang telah memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

Digelar dalam “Gebyar Pujasintara: Apresiasi Pustakawan Layanan Berkinerja Terbaik dan Pemustaka Teraktif 2024”, Perpusnas juga memberikan penghargaan kepada pemustaka teraktif sepanjang 2024.
Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas Suharyanto menyatakan pelayanan publik yang berkualitas dapat tercipta dengan dukungan penguatan reformasi birokrasi.

“Penguatan reformasi birokrasi adalah salah satu prioritas utama dari pemerintah Indonesia, yang merupakan bagian dari agenda besar dalam mewujudkan visi Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya di Jakarta, Selasa (10/12).

Baca Juga: BPMP DIY Dan Pemda DIY Siap Wujudkan Jogja Istimewa Tanpa Kekerasan

Disebutkan, penyelenggaraan pelayanan publik yang inklusif dan nondiskriminatif ini merupakan amanat konstitusi Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pasal 28H ayat (2), Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, serta Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.“Salah satu sektor yang vital dalam menunjang pelayanan publik adalah perpustakaan. Perpusnas memainkan peran dalam membangun budaya literasi di Indonesia,” ungkapnya.

Tercatat, pada tahun ini, pelayanan publik Perpusnas mendapatkan apresiasi dari lembaga lain dan masyarakat. Perpusnas meraih peringkat keempat dalam penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman dengan nilai 90,09.Capaian lainnya adalah Indeks Pelayanan Publik meningkat dari 4,01 pada 2023 menjadi 4,28 pada 2024, Tingkat Kepuasan Pemustaka melonjak dari 88 pada 2023 menjadi 94,42 pada 2024, serta Perpusnas terpilih menjadi Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan lembaga tahun 2024.

“Capaian ini tentu tidak lepas dari peran serta para pustakawan yang berdedikasi tinggi dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati,” terangnya.

Baca Juga: Bisnis Properti Tahun 2025 Makin Menjanjikan

Dia menyebut, dalam era informasi yang cepat, pustakawan berfungsi sebagai penyaring, pengorganisir, dan penghubung antara informasi yang melimpah, dengan pemustaka yang membutuhkan pengetahuan untuk terus berkembang.

Sementara pemustaka teraktif yang terpilih merupakan individu yang datang ke Perpusnas untuk membaca atau mencari buku serta aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpusnas. “Mereka memanfaatkan setiap fasilitas perpustakaan untuk mengembangkan diri, memperluas pengetahuan, dan memperkaya wawasan,” tuturnya.

Sebanyak tujuh orang pegawai layanan Perpusnas meraih penghargaan pustakawan layanan berkinerja terbaik. Penilaian dilakukan oleh para dewan juri dari Universitas Bakrie, Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Selain itu, sebanyak dua orang pemustaka dewasa dan satu orang pemustaka anak meraih pemustaka teraktif. Pemustaka dipilih berdasarkan jumlah dan poin peminjaman, serta jumlah penangguhan peminjaman selama 2024. (Lmg)

Sentimen: positif (99.8%)