Tokopedia Beauty Awards 2022: Penghargaan untuk Dukung Brand Lokal
Kumparan.com
Jenis Media: News

Tahun ini, TBA mengumumkan pemenang dari 25 kategori nominasi produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri favorit masyarakat. Ini merupakan hasil dari ratusan ribu votes yang telah diakumulasi sepanjang tanggal 1-20 November 2022 di halaman khusus aplikasi Tokopedia. “Hasil votes menunjukkan produk dari pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri makin menjadi pilihan utama masyarakat,” ujar Marina Anggraini selaku AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia.
Penasaran seperti apa informasi seputar TBA 2022 lebih lanjut? Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini, Ladies.
Kategori nominasi Tokopedia Beauty Awards 2022
Kriteria pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022
Pemenang dari nominasi yang telah dikurasi dengan teliti dipilih berdasarkan beberapa kriteria, Ladies. Mulai dari popularitas brand lokal tersebut di Tokopedia maupun di media sosial mainstream, perkembangan produk di Tokopedia, seberapa sering dicari masyarakat hingga peningkatan penjualan yang signifikan.
Keuntungan menjadi pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022
Program Tokopedia untuk merek lokal kecantikan dan perawatan diri
Tak hanya TBA, Tokopedia juga turut menghadirkan banyak inisiatif lain untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya UMKM. Mulai dari Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lagi. Upaya ini juga sekaligus untuk mempermudah masyarakat mengakses produk mereka.
Misalnya melalui fitur Dilayani Tokopedia yang merupakan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment). Fitur ini memungkinkan penjual (UMKM) kecantikan dan perawatan diri menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien.
Ada pula inisiatif Hyperlocal yang terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada. Hyperlocal bertujuan agar pembeli bisa mendapatkan produk yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien. Di samping itu, Tokopedia ingin UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar.
Category Development Beauty and Personal Care Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata menambahkan, “Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.”
Sentimen: positif (100%)