Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Tanjung Priok, Koja, Pekanbaru
Tokoh Terkait
Hari Pelanggan Nasional, Hutama Karya Bagikan Ribuan Merchandise kepada Pengguna Jalan Tol Nasional 5 September 2024
Kompas.com
Jenis Media: Nasional
Hari Pelanggan Nasional, Hutama Karya Bagikan Ribuan Merchandise kepada Pengguna Jalan Tol Tim Redaksi KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) membagikan ribuan merchandise edisi spesial kepada pengguna jalan tol di seluruh ruas tol Hutama Karya dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional , Rabu (4/9/2024). Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, pembagian merchandise itu merupakan wujud apresiasi Hutama Karya kepada pengguna jalan tol yang setia menggunakan layanannya. “Kami berterima kasih kepada pengguna jalan tol yang sudah melintas dan memilih Jalan Tol Hutama Karya sebagai alternatif jalan nasional dalam perjalanan mereka,” ujarnya dalam siaran pers. Adjib mengatakan, merchandise edisi terbatas itu didistribusikan langsung branch manager di setiap ruas tol pada pukul 10.00-12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00-16.00 WIB. Pembagian dilakukan secara bertahap kepada 100 pengguna pertama yang melintas pada pukul tersebut di setiap jalan tol kelolaan Hutama Karya. “Jenis merchandise yang dibagikan bervariasi, mulai dari kartu uang elektronik berisi saldo Rp 100.000, chest bag , hingga miniatur armada siaga jalan tol yang dirancang khusus untuk Hari Pelanggan Nasional tahun ini,” jelasnya. Adapun, gambar pada desain kartu uang elektronik yang digunakan pada merchandise bermakna keramahan petugas tol Hutama Karya. Selain itu, desain kartu itu juga bertujuan mengingatkan pengguna jalan terhadap kampanye keselamatan berkendara yang dipelopori Hutama Karya, yaitu Kampanye Selamat Sampai Tujuan (Setuju). Sementara itu, miniatur armada siaga menggambarkan kendaraan yang siap sedia untuk selalu melayani pengguna jalan tol. Secara simbolis, pembagian merchandise dipimpin Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro yang turut menyapa pengguna jalan di Gerbang Tol (GT) Koja Barat, Tol Akses Tanjung Priok (ATP). Hadir pula dalam pembagian simbolis itu EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim, EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, serta Branch Manager Tol ATP Untung Joko. Adapun ruas jalan yang mendapatkan pembagian merchandise , yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Palembang–Indralaya, Indralaya–Prabumulih, Bengkulu–Taba Penanjung, Pekanbaru–Dumai, Pekanbaru-XIII Koto Kampar, Binjai–Langsa, Sigli–Banda Aceh, serta di Ruas Tol JORR Seksi S dan Akses Tanjung Priok. Selain pembagian merchandise khusus secara serentak, Hutama Karya juga akan mengadakan Talkshow Safety Riding dengan menghadirkan pembalap nasional, Akbar Rais serta Travel Influencer Bang Deddy. Mereka akan menjadi bintang tamu pada acara yang digelar mulai pukul 14.30 hingga malam hari di Rest Area KM 234 Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, Jumat (6/9/2024) mendatang. Acara itu akan dimeriahkan dengan hiburan live music dan berbagai permainan berhadiah yang dapat diikuti secara gratis oleh seluruh pengguna jalan tol. Adjib mengatakan, pemilihan lokasi didasarkan pada tingginya volume kendaraan di tol ini serta popularitas Rest Area KM 234 sebagai salah satu yang paling ramai pengunjung di JTTS. “Ini adalah bentuk apresiasi perusahaan kepada para pengguna yang telah setia melintas di jalan tol Hutama Karya," tuturnya. Sesuai dengan tema Hari Pelanggan Nasional 2024, yaitu “AI Membuat Pelayanan Pelanggan Lebih Responsif dan Personal”, Hutama Karya menerapkan sistem kendali operasi berbasis artificial intelligence (AI) sejak 2020. Adapun seluruh kegiatan operasional maupun pemeliharaan tersebut Hutama Karya terintegrasi dalam satu sistem, yaitu Intelligent Traffic Systems (ITS). Sistem tersebut mengelola database jalan tol dari pendapatan dan ketercapaian jalan tol, pothole berdasarkan Service Level Agreement, informasi darurat, CCTV secara real-time yang dapat diakses melalui Control Room di masing-masing cabang, maupun pada ruangan Command Center yang berada di HK Tower. “Implementasi AI dalam pengelolaan jalan tol berhasil meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat deteksi kerusakan, dan mengoptimalkan keselamatan pengguna jalan tol,” jelas Adjib. Dengan digelarnya Hari Pelanggan Nasional Setuju, Hutama Karya terus mengingatkan seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. Berkendara dengan kecepatan minimum 60 kilometer (km) per jam dan maksimum 100 km per jam, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Pengguna jalan juga diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk. Adapun jika terdapat keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, agar segera melapor ke Call Centre Tol masing-masing ruas atau dapat mengecek informasi seputar Jalan Tol Hutama Karya melalui @HutamaKaryaTollRoad. Copyright 2008 - 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Sentimen: positif (100%)