Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Honda
Kab/Kota: Bogor
FIFGroup Kantongi Laba Rp 2,18 Triliun, Ini Penopangnya
Beritasatu.com
Jenis Media: Ekonomi
Bogor, Beritasatu.com - PT Federal International Finance (FIFGroup) membukukan laba bersih mencapai Rp 2,18 triliun atau tumbuh 11,66% year on year (yoy) pada semester I 2024. Hasil tersebut didukung kinerja piutang pembiayaan konsumen yang tumbuh tinggi dengan kualitas yang memadai.
Mengacu laporan keuangan perseroan, total pendapatan dibukukan mencapai Rp 4,93 triliun atau tumbuh 13,05% (yoy) sampai paruh pertama tahun ini. Pendorongnya adalah penghasilan dari skema ijarah yang naik 213,37% menjadi Rp 1,12 triliun.
Sementara itu, total pembiayaan konsumen FIFGroup mencapai Rp 50,95 triliun atau meningkat 12,58% (yoy) pada semester I 2024. Secara kualitas, pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) dari FIFGroup masih terjaga rendah, dengan secara neto tercatat sebesar 0,03%.
Di samping itu, total beban mencapai Rp 2,77 triliun atau naik 14,69% (yoy) pada semester I 2024. Salah satu yang mengerek angka tersebut adalah pos beban bunga dan keuangan yang naik 25,23% (yoy) menjadi Rp 977,08 miliar, yang mayoritas dikontribusikan pembayaran bunga atas pinjaman bank.
Direktur FIFGroup Daniel Hartono mengatakan, FIF terus berupaya mengoptimalkan seluruh layanan pembiayaan yang ada dalam mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan. Adapun perseroan memiliki setidaknya lima jenis layanan pembiayaan.
“Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan ritel, tentu kami terus mengoptimalkan kinerja dari lima layanan pembiayaan kami yang diperkuat dengan value chain serta digitalisasi untuk memberikan pelayanan terbaik,” jelas Daniel kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).
Lima layanan pembiayaan FIFGroup yang dimaksud adalah FIFASTRA, DANASTRA, AMITRA, SPEKTRA, dan FINATRA. Total pembiayaan baru (new booking) yang telah disalurkan sampai dengan semester I 2024, yaitu sebesar Rp 22 triliun atau naik 3,2% (yoy).
Untuk FIFASTRA, nilai pembiayaan yang disalurkan terhadap sepeda motor Honda sebesar Rp 14,4 triliun pada semester I 2024 dengan kenaikan sebesar 5% (yoy). Layanan ini mencatat lebih dari 843.000 unit yang dibiayai atau meningkat sebesar 3,3% (yoy).
Dalam penyediaan layanan pembiayaan multiguna melalui DANASTRA, FIFGroup mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 6,6 triliun pada atau naik sebesar 1,8% (yoy). Namun, secara jumlah unit yang dibiayai, terjadi penurunan sebesar 4,2% (yoy) menjadi sebanyak lebih dari 675.000 unit pada periode Januari hingga Juni 2024.
Pertumbuhan juga terjadi pada layanan pembiayaan syariah, yakni AMITRA yang mencatatkan peningkatan sebesar 13,6% (yoy) dengan nilai penyaluran pembiayaan yang mencapai Rp 232 miliar pada semester-I 2024. Jumlah unit yang dibiayai mencapai lebih dari 9 ribu unit atau naik sebesar 1,1% (yoy).
Namun, terjadi penurunan pada layanan pembiayaan SPEKTRA sebesar 15,3% (yoy) menjadi Rp 203 miliar pada periode Januari hingga Juni 2024. Begitu juga FINATRA mengalami penurunan sebesar 18,6% (yoy) menjadi Rp 507 miliar pada semester-I 2024.
“Di tengah perekonomian nasional yang penuh dengan tantangan, FIF terus berupaya melakukan inovasi agar dapat terus hadir menjadi solusi finansial pilihan masyarakat Indonesia sesuai dengan misi perusahaan, yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat,” pungkas Daniel.
Misi Keberlanjutan
Di sisi lain, FIFGroup memboyong sejumlah karyawan internal dan network untuk menikmati Boja Farm di Desa Tajur Halang, Kota Bogor. Terletak di ketinggian 1.700 mdpl, Boja Farm merupakan kawasan organik yang mengintegrasikan berbagai elemen pertanian dari hulu ke hilir, mulai dari pembibitan hingga pemasaran yang berorientasi ekspor.
Boja Farm menyajikan berbagai aktivitas pertanian yang dipadukan melalui pendekatan pariwisata. Semilir angin sejuk dengan pemandangan hijau yang menyertai punya daya pikat tersendiri. Oleh karena itu, Boja Farm jadi salah satu kawasan yang turut dikembangkan dalam program Desa Sejahtera Astra.
Sebagai Desa Sejahtera Astra, Boja Farm, memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap guna menunjang inisiasi program keberlanjutan (sustainability), antara lain seperti eco-edutourism dan farming (pertanian), serta dilengkapi dengan glamping dan aktivitas tracking yang bisa menumbuhkan rasa cinta pada alam.
Program keberlanjutan yang ada di Boja Farm, dinilai sejalan dengan semangat keberlanjutan yang dilakukan oleh FIFGroup lewat program Sustainability Innovation Ideas (SII) & Media Experiential Journey 2024 yang diadakan pada 2 hingga 4 Agustus 2024. Ajang ini merupakan bentuk penghargaan bagi internal karyawan dan network akan komitmen serta kontribusi yang terbaik dalam aspirasi keberlanjutan FIFGroup yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (ASII).
Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati menuturkan bahwa melalui SII, perusahaan berupaya meningkatkan kepedulian dan peran serta setiap karyawan dalam menjunjung aspirasi keberlanjutan bersama Astra.
“Salah satu sub-program FSA (FIFGROUP Sustainability Awards), yakni Sustainability Innovation Ideas (SII), merupakan ajang kompetisi dan wadah bagi tim karyawan FIFGroup untuk mencetuskan serta mengimplementasikan ide-ide project inovasi berbasis sustainability, yang bermanfaat baik bagi masyarakat sekitar maupun perusahaan,” kata dia.
“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberi pengalaman tersendiri bagi masing-masing pribadi untuk beraksi nyata mencintai bumi Indonesia,” demikian jelas Esther.
Sentimen: positif (100%)