Sentimen
Netral (84%)
10 Jul 2024 : 21.41
Informasi Tambahan

Agama: Islam

Brand/Merek: Unilever, Starbucks, Coca Cola

Institusi: MUI

YKMI Anggap Kesepakatan Liga Arab Dapat Perkuat Agenda Boikot Produk Terafiliasi Israel di Indonesia

10 Jul 2024 : 21.41 Views 16

Fajar.co.id Fajar.co.id Jenis Media: Ekonomi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mengapresiasi kesepakatan Liga Arab yang menegaskan upaya pemboikotan perusahaan yang terafiliasi dengan Israel. YKMI pun menganggap keputusan tersebut akan menguatkan agenda boikot produk-produk terafiliasi Israel di Indonesia.

“Tentu, kami (YKMI) senang dengan sikap Liga Arab ini. Keputusan ini akan mempengaruhi sikap masyarakat Islam internasional dalam agenda boikot, termasuk juga bagi agenda boikot produk terafiliasi Israel di Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif YKMI Ahmad Himawan dalam keterangan kepada awak media, Selasa (9/7) kemarin.

Himawan menambahkan, YKMI sendiri merupakan organisasi masyarakat Islam di Indonesia yang pertama kali merilis daftar perusahaan dan produk terafiliasi Israel. YKMI membuat daftar tersebut berdasarkan riset dan kajian yang mengacu pada situs boycott.thewitness dan bdnaash. Kesepuluh produk dan perusahaan terafiliasi Israel tersebut antara lain Starbucks, Danone, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, McDonalds, Burger King, dan produk Kurma Israel.

Berdasarkan riset dari Compas, boikot konsumen Indonesia memiliki pengaruh yang luar biasa. Survei itu menunjukkan boikot konsumen di Indonesia mampu menggerus penjualan produk-produk perusahaan multinasional terafiliasi Israel. Himawan pun menyebut keputusan Liga Arab ini juga akan menambah legitimasi sikap boikot masyarakat Islam di Indonesia. Pasalnya, setelah fatwa MUI terkait dukungan terhadap perjuangan Palestina, kini masyarakat dan konsumen muslim di Indonesia punya alasan yang semakin kuat untuk melakukan aksi boikot produk dan perusahaan terafiliasi Israel.

Sentimen: netral (84.2%)