Sentimen
Informasi Tambahan
Agama: Islam
Event: Rezim Orde Baru, Ramadhan, Rezim Orde Lama
Kab/Kota: Madinah, Andalusia
Kasus: covid-19
Partai Terkait
Tokoh Terkait
35 Contoh Soal KSM IPA MTs, Bisa Jadi Bahan Ajar Siswa
iNews.id
Jenis Media: Nasional

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal KSM IPA MTs lengkap dengan jawabannya berikut bisa jadi bahan ajar siswa yang akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah yang pelaksanaannya tinggal menghitung hari.
Kompetisi Sains Madrasah atau KSM merupakan salah satu kompetisi yang biasa diikuti oleh siswa/i di jenjang MTs dan MA setiap tahun. Berbagai mata pelajaran yang diujikan di KSM IPA, antara lain Fisika, Biologi, dan Kimia.
Baca Juga
30+ Contoh Soal KSM Geografi, Lengkap dengan Kunci Jawabannya
Bagi kamu yang sedang mencari bahan belajar, berikut iNews.id berikan contoh soal KSM IPA MTs dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/7/2024).
Contoh Soal KSM IPA MTs
1. Perhatikan penggalan ayat berikut!
Baca Juga
10 Contoh Soal KSM Matematika MI, Lengkap dengan Jawaban
بَايُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْتُكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنثى وَجَعَلْنَكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ آتَقُكُمْ إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Pernyataan paling tepat yang menunjukkan dampak interaksi sosial dari eksodus penduduk berdasarkan ayat di atas adalah ....
Baca Juga
35 Contoh Soal OSN IPS SMP 2024, Bisa Jadi Latihan Belajar Siswa
(A) masalah izin tinggal karena para pengungsi tidak memiliki identitas yang jelas
(B) problem bahasa dan budaya menyulitkan masyarakat setempat berkomunikasi
Baca Juga
30 Contoh Soal Tes Masuk SMK Lengkap dengan Kunci Jawabannya
(C) ada perbedaan kepentingan ekonomi antara pengungsi dan negara yang dituju
(D) persoalan kemanusiaan mengharuskan negara lain menerima kehadiran mereka
Baca Juga
15 Contoh Soal Barisan dan Deret Aritmatika, Bisa Jadi Bahan Belajar
Jawaban: B
2. Umat muslim Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan semangat kebangsaan pada masa pergerakan nasional. Komitmen tersebut dipelopori oleh kalangan ulama dan santri melalui peran pesantren dalam bentuk ....
(A) mengembangkan masyarakat Islam yang solid
(B) mewadahi pendidikan bela negara
(C) menyiarkan ajaran kebaikan pada sesama
(D) mempertajam kesadaran sosial sekitar
Jawaban: B
3. Daerah Andalusia merupakan pusat perdagangan dan peradaban Islam pada masa pemerintahan Bani Umayyah. Barang perniagaan, pelabuhan dan kota industri terpusat di Andalusia. Umat Islam Andalusia diperbolehkan melakukan transaksi jual beli dengan bangsa lain, termasuk dengan bangsa Eropa. Penggalan ayat yang paling tepat terkait kebolehan tersebut adalah ....
(A)... واحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الربو ....
(B)... إلا أن تَكُونَ تجُرَهُ عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ ...
(C) .. وَأَوْفُوا الْكَيْلَ إذا كلْتُمْ وَزنُوا . نطاس المُسْتَقِيم ...
(D) ... واذا كَانُوْم وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونُ ...
Jawaban: A
4. Perhatikan ayat berikut!
وَاعْبُدُوا اللهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ
Pembagian pendapatan tergantung pada potensi dan kemampuan daerah dalam mengelola sumber daya yang ada. Di antara sumber berikut ini yang sangat signifikan untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD) sesuai dengan konteks ayat di atas adalah ....
(A) luas tanah atau bangunannya
(B) pajak penduduk
(C) retribusi pasar modern
(D) jumlah investasi
Jawaban: B
5. Perhatikan pernyataan Ibnu Al-Mubarak berikut
الْمُؤْمِنُ يَطْلُبُ الْمَعَاذِيْرَ وَالْمُنَافِقِ يَطْلُبُ الْعَتَرَاتِ
Kebijakan kolonial Belanda di nusantara yang paling sesuai konteks pernyataan di atas adalah ....
(A) menerapkan aturan sistem kerja rodi bagi rakyat
(B) menggunakan tenaga pribumi menjadi tentara kolonial
(C) mewajibkan menanam tanaman ekspor
(D) menetapkan besaran pajak hasil bumi
Jawaban: A
6. Pak Didik sehari-hari bekerja sebagai buruh petani. Beliau menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah salah satu Pondok Pesantren. Pak Didik membanting tulang untuk membiaya pendidikan anaknya di pondok tersebut. Beliau sangat bangga dengan anaknya karena telah menyelesaikan pendidikan di pondok bahkan melanjutkan studi agama ke luar negeri sehingga masyarakat menganggap anaknya juga dikenal memiliki pengetahuan agama yang cukup baik.
Kesuksesan di pondok mampu mengantar anak pak Didik melanjutkan studi keluar negeri. Anak Pak Didik telah melakukan mobilitas sosial....
(A) horizontal
(B) vertikal naik
(C) antargenerasi naik
(D) intergenerasi naik
Jawaban: C
7. Ketika Nabi Muhammad SAW dan umat Islam tiba di Madinah, di wilayah itu sudah tinggal beberapa golongan. Namun untuk golongan Aus dan Khazraj ini sangat rentan sekali terjadi konflik. Maka, Nabi Muhammad SAW membuat perdamaian diantara pihak berkonflik dengan Piagam Madinah yang ditetapkan sejumlah hak dan kewajiban bagi seluruh warganya.
Berdasarkan perspektif sosiologis, bentuk penyelesaian konflik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah...
(A) mediasi
(B) konsiliasi
(C) kompromi
(D) arbitrase
Jawaban: D
8. Perhatikan ayat berikut!
أدْعُ إلى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ
Jika dikaitkan dengan ayat di atas, masuknya unsur budaya masyarakat nusantara terjadi melalui
(A) amalgamation
(B) cultural diffusion
(C) penetration of pacifique
(D) penetration of violence
Jawaban: C
9. Perhatikan hadis Abu Daud berikut!
اتَّقُوا الْمَلَاعِنَ الثلاثة البزاز في الموارد وقارعة الطريق، والظل
Destinasi wisata ASEAN yang relevan dengan kandungan hadis di atas adalah ....
(A) Merlion Park, Singapura
(B) Angkor Wat, Kamboja
(C) Pinatubo, Filipina
(D) Cat Ba, Vietnam
Jawaban: C
10. Perhatikan gambar berikut!
(Disajikan gambar petani bawang)
Upaya petani bawang pada gambar di atas memperhatikan ..
(A) tindakan ekonomi
(B) prinsip ekonomi
(C) motif ekonomi
(D) alternatif ekonomi
Jawaban: A
11. Perhatikan ayat berikut
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِى دِينِ
Makna ayat di atas sejalan dengan kebijakan Raja Sriwijaya yaitu ....
(A) menjadikan Sriwijaya pusat budaya dan penyebaran agama Budha
(B) membangun angkatan laut terkuat di kawasan regional
(C) mengutamakan layanan di jalur perdagangan India dan China
(D) menjalin toleransi dan upaya perdamaian dengan bangsa sekitar
Jawaban: D
12. Perhatikan hadis Ibnu Majah berikut!
إِنَّ النَّجارَ يُبْعَثُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فُجَّارًا إِلا مَن اتَّقَى اللَّهَ وَبَرَّ وَصَدَقَ
Sikap yang sesuai dengan hadis tersebut pada sistem perdagangan online adalah ... sesuai dengan interaksi sosial dalam bentuk....
(A) amanah, akomodasi
(B) murah hati, kooptasi
(C) jujur, joint venture
(D) tidak melupakan akhirat, koalisi
Jawaban: C
13. Kehidupan di era digital tidak terlepas dari gadget dan media sosial yang digandrungi generasi muda. Perilaku deviasi remaja sangat mungkin terjadi jika pemanfaatan gadget dan media sosial tidak sesuai. Upaya preventif yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah....
(A) melakukan pemblokiran pada akun media sosial yang negatif
(B) mensosialisasikan untuk bijak dalam menerima segala informasi
(C) menangkap pegiat media sosial yang terindikasi menyimpang
(D) menggunakan tepat guna untuk hal kebaikan dan positif
Jawaban: B
14. Kebutuhan akan kurma saat bulan ramadhan hingga musim haji sangat tinggi. Indonesia memproduksi kurma dalam jumlah yang sangat sedikit, hanya sekitar 1 persen dari total kebutuhan nasional. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor kurma dari negeri Timur Tengah. Pada tahun 2018 mencatatkan nilai impor sebesar 39,9 ribu ton (BPS, 2018).
Faktor penyebab rendahnya produksi kurma di Indonesia adalah....
(A) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah basah, pH asam, dan kandungan garam tinggi
(B) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah lembab, pH netral, dan kandungan garam rendah.
(C) lahan yang sesuai tidak terbatas, curah hujan tinggi, tanah kering, pH basah, dan kandungan garam tinggi
(D) lahan yang sesuai terbatas, curah hujan tinggi, tanah liat, pH netral, dan kandungan garam rendah
Jawaban: B
15. تتأثر السّلَعُ الرِّرَاعِيَّةُ الرَّائِدَةُ بالطَّرُوْفِ الجُغْرَافِيَّةِ لِمناطق الإنتاج أيُّ مِنَ الإجابات التالية لا يتطابق مع السلع المُتفوّقة ومَنَاطِقِ إِنْتَاجِهَا فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا؟
(A) القهوة - لامبونج
(B) الكينا - جنوب شرق سؤلاويسي
(C) المطاط - شمال سُؤْمَطْرَة
(D) جوزة الطيب - مالوگو
Jawaban: B
16. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk meningkatkan aliran barang serta investasi diantara negara ASEAN secara bebas. Aktivitas ekonomi ini diharapkan dapat mendorong wilayah MEA sebagai basis produksi barang global yang mengintegrasikan potensi ekonomi negara anggotanya. Aktivitas MEA sebagai organisasi perdagangan internasional bertujuan untuk...
(A) menerapkan politik antidumping
(B) menggunakan mata uang dolar AS
(C) membebaskan impor dan ekspor
(D) menciptakan rantai produksi pada satu negara
Jawaban: D
17. Dengan mendasarkan pada perintah dalam QS. Al-Maun, sebuah lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah menyelenggarakan suatu aktivitas sosial di setiap hari Jum'at. Tindakan yang dilakukan oleh sekolah ini adalah bentuk interaksi sosial yang dapat dikategorikan sebagai...
(A) motivasi
(B) imitasi
(C) empati
(D) simpati
Jawaban: B
18. Negara Indonesia memiliki komitmen untuk menyelesaikan permasalahan internasional dengan menginisiasi kegiatan berskala internasional, mendirikan lembaga regional, dan berpartisipasi pada lembaga internasional.
Pada masa Orde Lama, pemerintahan menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA), membentuk ASEAN pada masa Orde Baru, dan pernah menjadi anggota dewan keamanan PBB pada masa Orde Reformasi.
Peran internasional yang dilakukan Indonesia di masa Orde Lama, dapat dikategorikan sebagai upaya peningkatan....
(A) intervensi permasalahan ekonomi diantara negara Asia-Afrika
(B) keamanan negara-negara Asia-Afrika dari invasi negara adidaya
(C) sistem kehidupan politik negara Asia-Afrika yang lebih maju
(D) aliansi pertahanan keamanan di antara negara Asia-Afrika
Jawaban: A
19. Kerusakan Sumber Daya Alam (SDA) diantisipasi oleh pemerintah dengan mengembangkan tata kelola yang mengedepankan pada prinsip ekoefisiensi. Penerapan prinsip ini dapat ditemukan pada suatu lokasi yang maknanya sama dengan kandungan dalam Q.S. Abasa: 27-28. Dengan mendasarkan pada lokasi yang terkandung dalam ayat tersebut, bentuk kebijakan ekoefisiensi yang tepat adalah ...
(A) pelarangan pukat harimau
(B) penggunaan pupuk organik
(C) pemertahanan hutan lindung
(D) pencegahan pencemaran sungai
Jawaban: B
20. Berikut adalah dua ayat yang di dalamnya merepresentasikan eksistensi lembaga-lembaga sosial. Ayat pertama adalah
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
dan ayat kedua adalah
Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تُفْسُحُوا فِي المَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسح اللهُ لَكُمْ وَإِذا قبل الشروا فانشروا رافع الله الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا لغمون خبير
Perbedaan utama antara lembaga sosial yang terwakili oleh ayat pertama dengan ayat kedua terletak pada fungsi pengembangan …
(A) pedoman berperilaku
(B) nilai dan norma sosial
(C) nalar dan pengetahuan
(D) ruang reproduksi
Jawaban: A
21. Kebijakan Tanam Paksa yang dilakukan pemerintahan kolonial pada masa Gubernur Jendral van Den Bosch berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat Hindia Belanda. Kondisi sosial ekonomi ini menjadi salah satu sebab dari diberlakukannya sistem ekonomi liberal di awal abad 20. Kebijakan ini ditandai dengan masuknya modal swasta asing di bidang industri barang dan jasa. Kehadiran industri ini berdampak pada usaha rakyat seperti....
(A) pengangkutan gerobak yang menurun akibat penggunaan kereta api
(B) perluasan lahan pertanian tebu rakyat akibat pembukaan pabrik gula
(C) merosotnya usaha dibidang makanan akibat masuknya barang impor
(D) meningkatnya usaha pribumi akibat munculnya industri global
22. Sejumlah gejala sosial muncul selama Pandemi COVID-19. Culture shock menjadi salah satu gejala sosial di masa tersebut. Bentuk culture shock yang ada di dunia Pendidikan adalah tenaga pendidik....
(A) mengajar dengan anggaran yang sedikit
(B) menggunakan piranti digital dengan gagap
(C) mengajar dengan sumber belajar digital minim
(D) memiliki akses perangkat teknologi yang terbatas
Jawaban: C
23. Perkembangan kontemporer masyarakat mengarah pada suatu penciptaan struktur sosial yang mengarah pada borderless society. Beragam karakteristik masyarakat yang identik dengan fenomena tersebut. Salah satu yang mengemuka adalah fakta ekonomi yang dapat dilihat dalam bentuk....
(A) rasa bangga mengkonsumsi produk nasional
(B) munculnya distribusi sistem multilevel marketing.
(C) terciptanya rantai pasok barang yang tersebar
(D) berkembangnya brand waralaba makanan lokal
Jawaban: B
24. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Permasalahan inflasi (2) Sistem ekonomi Gerakan Benteng (3) Nasionalisasi perusahaan asing (4) Blokade laut (5) Finansial ekonomi (Finek)
Kehidupan ekonomi Indonesia pada masa kemerdekaan ditandai dengan masalah yang ditunjukkan pada nomor ....
Musuh Alami Terbesar yang Ditakuti SI "Manis" Diabetes! (Baca)
(A) (1) dan (4)
(B) (2) dan (3)
(C) (3) dan (5)
(D) (4) dan (2)
Jawaban: A
25. Kjokkenmoddinger adalah salah satu peninggalan masyarakat pada zaman Mesolitikum. Dengan melihat pada bentuk, ciri, serta lokasi ditemukannya peninggalan tersebut, dapat dipastikan masyarakat tersebut tinggal di wilayah seperti tempat yang ada dalam ayat....
(A) Q.S. An-Naba: 15
(B) QS. Asy-Syams: 6
(C) Q.S. An-Naziat: 31
(D) Q.S. At-Takwir: 6
Jawaban: C
26. Flexing menjadi bentuk perubahan sosial kontemporer sebagai akibat kemunculan media sosial. Kehadiran media baru tersebut berdampak pada kemampuan individu dan masyarakat dalam menggunakan media.
Selain menjadi konsumen, mereka dapat pula menjadi produsen atas suatu konten media sehingga mereka dapat membuat berita tentang dirinya, seperti flexing.
Perubahan sosial masyarakat dalam menggunakan media ini dapat dipahami secara tepat dengan menggunakan perspektif teori ....
(A) evolusi
(B) konflik
(C) fungsional
(D) siklus
Jawaban: C
27. The following figure shows Singapore's export performance in 2019:
(Disajikan sebuah grafik Singapore's top 10 exports)
Based on Singapore's third largest export commodity above, the ability to produce these goods can be attributed to the factors of ...
(A) interactions between spaces due to natural conditions (Kondisi Alam)
(B) interactions between spaces due to natural resources (SDA)
(C) interactions between spaces due to technological developments (Perkembangan teknologi)
(D) interactions between spaces due to geographic influences (Pengaruh geografis)
28. Interaksi antar ruang adalah sebuah keniscayaan seperti yang termaktub dalam ayat berikut:
فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتُ مَقامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Berdasarkan makna ayat di atas, bentuk interaksi sosial yang relevan adalah ....
(A) komunikasi sosial
(B) mobilitas penduduk
(C) transportasi publik
(D) transformasi struktural
Jawaban: B
29. Salah satu tokoh ulama Nusantara yang masyhur dengan keilmuannya adalah Syaikh Abdur Rauf As-Singkili. Semasa muda, Syaikh Abdur Rauf As-Singkili menuntut ilmu kepada ayahnya di Aceh dan juga kepada ulama di dua negara.
Pada masa kini, dua negara tersebut masuk pada wilayah...
(A) Asia Utara dan Eropa Timur
(B) Asia Barat dan Afrika Utara
(C) Asia Timur dan Asia Barat
(D) Asia Tenggara dan Asia Tengah
30. Interaksi antar ruang adalah sebuah keniscayaan seperti yang termaktub dalam ayat berikut:
فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتُ مَقامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Berdasarkan makna ayat di atas, bentuk interaksi sosial yang relevan adalah ....
(A) komunikasi sosial
(B) mobilitas penduduk
(C) transportasi publik
(D) transformasi struktural
Jawaban: B
31. Salah satu tokoh ulama Nusantara yang masyhur dengan keilmuannya adalah Syaikh Abdur Rauf As-Singkili. Semasa muda, Syaikh Abdur Rauf As-Singkili menuntut ilmu kepada ayahnya di Aceh dan juga kepada ulama di dua negara. Pada masa kini, dua negara tersebut masuk pada wilayah...
(A) Asia Utara dan Eropa Timur
(B) Asia Barat dan Afrika Utara
(C) Asia Timur dan Asia Barat
(D) Asia Tenggara dan Asia Tengah
32. Program pembukaan lahan gambut di masa Orde Baru dan perluasan lahan sawah dalam program food estate di Kalimantan Tengah pada masa pemerintahan saat ini merupakan bentuk ekstensifikasi pertanian.
Tingkat kesukaran untuk produksi tanaman pangan pada lahan yang digunakan dalam program tersebut memiliki kesamaan dengan kesukaran lahan seperti ayat berikut:
(A) وابتع فيما آتَاكَ اللهُ الدَّارَ الآخِرَةُ وَلا تنس تصيبك من الدُّنْيَا وَأَحْسِنُ كَمَا أَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
(B)فإذا قضيت الصلاة فانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
(C) مَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُسَمًّى وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أَنْذِرُوا مُعْرِضُونَ
(D) ومن آياتِهِ أَنَّكَ تَرَى الْأَرْضَ خَاشِعَة فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا المَاءَ اهْتَرَّتْ وَرَبَتْ إِنَّ الَّذِي أَحْيَاهَا لمُحْيِي الْمَوْتَى إِنَّهُ عَلَى كُلَّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Jawaban: D
33. Konflik personal atau komunal menjadi problem sosial yang sering muncul di ruang publik. Contoh permasalahan ini memiliki bentuk yang beragam, seperti pengendara motor yang tersulut emosinya dan kemudian melakukan tindakan melawan hukum terhadap pengendara lain atau perilaku sekelompok anak sekolah yang mengganggu kelompok anak dari sekolah lain.
Kedua tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai konflik <@isian>
Jawaban: Konflik Horizontal
34. Nasionalisme Indonesia yang mulai berkembang pada awal abad 20 dipengaruhi oleh beberapa faktor. Wujud dari salah satu faktor tersebut adalah hadirnya kelompok sosial yang memiliki kedekatan makna dengan Asmaul Husna, yaitu Al-Alim. Keberadaan kelompok sosial ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah kolonial Belanda berupa ....
(A) Undang-undang Agraria
(B) sistem sewa tanah
(C) politik etis
(D) ekonomi liberal
35. Perhatikan ayat berikut!
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Ayat ini dapat dijadikan pedoman bagi individu dalam berinteraksi ketika berada pada salah satu jenis lembaga sosial. Menilik pada kandungan ayat ini, interaksi individu mengarah pada interaksi sosial....
(A) asosiatif
(B) disasosiatif
(C) akomodatif
(D) integratif
Jawaban: D
Demikian ulasan mengenai contoh soal KSM IPA MTs. Semoga bermanfaat!
Editor : Komaruddin Bagja
Sentimen: positif (100%)