Sentimen
Positif (96%)
13 Sep 2023 : 17.16
Tokoh Terkait

KOMPAS.com Puncaki Klasemen Media Paling Banyak Dibaca Versi Survei IPWS

13 Sep 2023 : 17.16 Views 11

Kompas.com Kompas.com Jenis Media: Nasional

KOMPAS.com Puncaki Klasemen Media Paling Banyak Dibaca Versi Survei IPWS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas.com memuncaki klasemen media paling banyak dibaca berdasarkan survei yang diselenggarakan Ipang Wahid Stratejik (IPWS), lembaga yang bergerak dalam bidang pemikiran stratejik berbasis data analitik, dengan tema survei "Referensi Media Pilihan Netizen".

"Dalam survei ini, kita bakal tahu bahwa masyarakat menggunakan media yang berbeda ketika mencari informasi. Saat mengetahui informasi tentang politik medianya A, tetapi ketika mencari informasi tentang gosip medianya B," ujar Arifki Chaniago peneliti IPWS dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/9/2023).

Dari 11 kategori yang ada, Kompas.com memuncaki klasemen media dengan keterbacaan tertinggi pada 8 kategori, termasuk sebagai media terbanyak dibaca audiens internet setiap harinya.

Berikut daftarnya:

1. Media yang paling banyak dibaca oleh audiens internet setiap harinya

Kompas.com (43,11 persen ), Detik.com (23,11 persen ), Tribunnews (10.49 persen), Kumparan (6,07 persen), CNN Indonesia (4,10 persen ), Liputan6 (1,80 persen ), Sindonews (1,15 persen ) IDN Times (0,98 persen), Jawa Pos.com (0,98 persen), Tempo.co (0,98 persen ), Katadata (0,82 persen), Okezone (0,82 persen ), Viva.co.id (0.82 persen), dan lainnya (4,75 persen).

Baca juga: Memitigasi Pudarnya Marwah Media Massa pada Tahun Politik

2. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai referensi bacaan politik

Kompas.com (38,60 persen), Detik.com (17,86 persen), CNN Indonesia (12,76 persen), Tribunnews (5,90 persen ), Liputan6 (5,42 persen), Tempo.co (4,15 persen ), Kumparan (2,87 persen), Media Indonesia (1,91 persen), Viva.co.id (1,91 persen), Inews (1,59 persen), Katadata (1,12 persen), Pikiran Rakyat (1,12 persen), Republika (1,12 persen), Rakyat Merdeka (0,80 persen), dan lainnya (2,87 persen).

3. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai referensi bacaan ekonomi

Kompas.com (33,67 persen ), Detik.com (13,27 persen), CNN Indonesia (13,10 persen ), CNBC Indonesia (8,46 persen), Tribunnews (5,47 persen), Liputan6 (4,48 persen), Media Indonesia (2.49 persen), Tempo.co (2,49 persen), Kumparan (2,32 persen), Katadata (1,99 persen), Bisnis.com (1,66 persen), Kontan Online (1,49 persen), Okezone (1,49 persen), dan lainnya (7,63 persen).

4. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai referensi bacaan olahraga

Kompas.com (22,34 persen), Detik.com (18,32 persen ), Bola.com (8.73 persen), CNN Indonesia (8,38 persen), Tribunnews (8,20 persen), Viva.co.ld (5,76 persen), Indosport (5,58 persen), Bolasport (5,24 persen ), Okezone (3.14 persen). Kumparan (2.44 persen ), Liputan6 (2.27 persen), Inews (1,75 persen ), Goal.com (1,40 persen ), dan lainnya (6,46 persen).

Baca juga: Cegah Konflik Jelang Pemilu, Mendagri: Media Massa dan Medsos Jangan Timbulkan Hoaks

5. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai referensi bacaan Lifestyle

Kompas.com (23.80 persen), Detik.com (17.60 persen), Kumparan (8,60 persen), CNN Indonesia (8,40 persen), Okezone (6,20 persen), Viva.co.id (5,20 persen), Fimela.com (4.20 persen), Tribunnews (4,20 persen), Inews (2,20 persen), InsertLive (2,20 persen), Kapanlagi.com (2,20 persen ), Liputan6 (2.20 persen), Femaledaily.com (1.60 persen), dan lainnya (11,40 persen).

6. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai panduan buat healing

Kompas.com (26,59 persen), Detik.com (21,36 persen), CNN Indonesia (9,09 persen), Kumparan (7,73 persen), Okezone (5,91 persen), Tribunnews (5,00 persen ), Liputan6 (4,32 persen), Viva.co.id (2,73 persen), JPNN (2,05 persen), IDN Times (2,05 persen), Sindonews (1,59 persen), Kapanlagi.com (1,36 persen), CNBC Indonesia (1,36 persen), dan lainnya (8,86 persen).

7. Media yang dinilai audiens internet sebagai media yang tajam/kritis

Kompas.com (39 persen), Detik.com (14,60 persen), Tempo.co (10,85 persen), CNN Indonesia (10,65 persen), Liputan6 (10, 26 persen), Kumparan (3,55 persen), Inews (1,97 persen), BBC Indonesia (1,18 persen), InsertLive (1,18 persen), Media Indonesia (0,99 persen), Okezone (0,99 persen), Pikiran Rakyat (0,99 persen) dan lainnya (6,71 persen).

8. Media yang paling banyak dijadikan audiens internet sebagai media yang merepresentasikan anak muda

Kompas.com (14,50 persen), Kumparan (11,10 persen), Detik.com (10,09 persen), CNN Indonesia (5,48 persen). Tribunews (4,90 persen), Okezone (3,46 persen), Viva.co.id (2,74 persen), IDN Times (2,02 persen), Kapanlagi.com (1,73 persen), Liputan6 (1,59 persen), Sindonews (1,59 persen), Hipwee (1,15 persen ), Inews (1,15 persen), dan lainnya (10,81 persen).

Baca juga: Bertemu Pemred Media Nasional, Jokowi Ungkap Presiden Masa Depan Harus Mampu Lari Maraton

Di samping itu, Kompas.com juga menjadi media dengan keterbacaan terbanyak kedua pada 2 kategori, yaitu kategori media paling banyak dijadikan referensi bacaan internasional dan kuliner.

Sementara itu, pada kategori terakhir--media terbanyak dijadikan referensi bacaan gosip--Kompas.com ada di peringkat 6.

Survei ini dilakukan dengan metode kuesioner wawancara daring pada 28 Agustus hingga 4 September 2023 dengan sampel 1.400 responden yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Metodologi yang digunakan adalah non-probability sampling (incidental sampling) dengan margin of error ± 2.90 persen.

Tujuan dari survei IPWS ini untuk memetakan referensi bacaan masyarakat terhadap isu-isu tertentu dan media yang paling banyak diakses oleh publik.

-. - "-", -. -

Sentimen: positif (96.2%)