Sentimen
Positif (86%)
10 Apr 2023 : 13.30
Informasi Tambahan

BUMN: PT Pelni

Grup Musik: APRIL

Kab/Kota: Labuan Bajo

Tokoh Terkait
Yahya Kuncoro

Yahya Kuncoro

Desty Arlaini

Desty Arlaini

Putut Sri Muljanto

Putut Sri Muljanto

Enriany Muis

Enriany Muis

Suhadi Hamid

Suhadi Hamid

Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan 

10 Apr 2023 : 13.30 Views 20

Fin.co.id Fin.co.id Jenis Media: Nasional

Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan 

Reporter: Makruf| Editor: Makruf| Minggu 09-04-2023,01:58 WIB Transformasi Terminal Pelindo Sudah Signifikan-- MAKASSAR – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan Pelindo sudah sangat signifikan. Hal itu diungkapkan Asisten Deputi Bidang Jasa dan Logistik Kementrian BUMN, Desty Arlaini, saat melakukan kunjungan ke Terminal Penumpang Anging Mammiri sekaligus memantau langsung kedatangan kapal laut milik PT Pelni, KM Binaiya yang tiba dari Labuan Bajo dan sandar di Pelabuhan Makassar sekitar pukul 07.00 Wita, Jumat (7 April 2023). Turut hadir dalam kunjungan tersebut, antara lain Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto, Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, dan Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Yahya Kuncoro. BACA JUGA:Pelindo Regional 2 Menjamin Kelancaran Arus Logistik Dengan Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran 2023 “Insya Allah kalau melihat kondisi [terminal penumpang Pelabuhan Makassar] seperti saat ini sudah sangat rapi, istilahnya transformasi terminal penumpang kapal ini kelihatan sudah signifikan. Ada improvement, dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu saat saya juga berkunjung ke terminal penumpang ini, ketika sedang dilakukan perbaikan untuk Ruang Tunggu Sementara (RTS),” jelas Desty. Selama ini lanjut dia, mindset masyarakat tentang terminal penumpang untuk kapal tidak seperti bandara yang eksklusif. “Nah kalau seperti ini kan sudah, para penumpang kapal sudah mendapatkan pelayanan yang prima, disediakan fasilitas yang rapi, besar dan juga nyaman. Sehingga para penumpang menjadi lebih merasa dihormati dan merasa dihargai untuk naik kapal. Mudah-mudahan dengan [kondisi] begini, tidak ada lagi stigma negatif untuk kapal penumpang,” tuturnya. “Alhamdulillah hampir semua terminal penumpang yang saya kunjungi sudah oke dan Pelindo improvement-nya secara umum sudah luar biasa, hebat,” tukasnya. BACA JUGA:Asesmen GCG Perdana Pelindo Pasca Merger, Raih Predikat Sangat Baik Standarisasi Terminal Penumpang  Sementara itu Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Putut Sri Muljanto mengatakan bahwa saat ini kalau berbicara tentang terminal penumpang di seluruh Indonesia, pasti melihat yang ada di Pelabuhan Makassar. Menurutnya, Direksi Pelindo memang memiliki program untuk melakukan perbaikan seluruh terminal penumpang yang dikelola perseroan. “Mana yang harus investasi bangun terminal baru, mana yang hanya butuh pemeliharaan. Direksi Pelindo berkomitmen untuk melakukan standarisasi seluruh terminal penumpang di Indonesia, terutama di wilayah timur Indonesia. Setelah Pelindo merger, kami [direksi] bergegas melakukan perbaikan terminal penumpang secara bertahap, sebagai salah satu bentuk pelayanan Pelindo bagi masyarakat,” bebernya. BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Prediksi, Kenaikan Penumpang Mudik Lebaran 2023 Sebanyak 15 Persen Dia menambahkan bahwa pelayanan publik banyak yang memantau, sehingga Pelindo harus memberikan yang terbaik. Menurut Putut, beberapa pelabuhan sudah diperbaiki, termasuk fasilitas yang ada di terminal penumpangnya. Bahkan ke depan pihaknya berencana agar penumpang kapal di Pelabuhan Makassar tidak lagi menggunakan tangga untuk menuju terminal penumpang, namun akan disiapkan eskalator atau tangga berjalan agar menjadi lebih nyaman. Putut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada stakeholders yang selalu memberikan masukan kepada Pelindo. “Terima kasih untuk semua masukannya karena penting buat Pelindo. Terima kasih juga untuk support-nya selama ini,” tukas Putut. Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, menambahkan bahwa pihaknya akan selalu memperhatikan terkait pelayanan untuk kenyamanan para penumpang kapal. BACA JUGA:Subholding Pelindo Serahkan Sertifikat Halal  DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Sumber:

Sentimen: positif (86.5%)