Sentimen
Positif (98%)
22 Feb 2023 : 09.34
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Lebak Bulus

Keren! MRT Jakarta Punya Robot Dina, Siap Layani Keluhan Penumpang

22 Feb 2023 : 09.34 Views 11

Akurat.co Akurat.co Jenis Media: News

Keren! MRT Jakarta Punya Robot Dina, Siap Layani Keluhan Penumpang

AKURAT.CO  PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda) meluncurkan Robot Dina atau Digital Intelligent Assistant pada Jumat (23/12/2022).

Robot Dina hingga saat ini masih dalam tahap uji coba dan hanya beroperasi di waktu tertentu yaitu:

Pukul 08.00-09.00 Pukul 13.00-14.00 Pukul 18.30-19.30

Para penumpang MRT dapat menemukan Robot Dina di salah satu stasiun terbesar dan tersibuk yakni Stasiun MRT Lebak Bulus.

baca juga: Robot Dina

Dina (Digital Intelligent Assistant) merupakan robot pintar yang punya tugas untuk berpatroli di dalam area stasiun seperti petugas pada umumnya.

Dilansir dari akun Instagram @mrtjkt, Selasa (21/2/2023), Robot Dina berbentuk seperti koper dengan warna putih yang dilengkapi empat roda, satu layar persegi panjang dan kamera 360 derajat. Tingginya sekitar 160 sentimeter dan mampu menyala selama enam dengan membantu penumpang MRT di stasiun.

Inovasi ini hadir sebagai bentuk kerja sama PT MRT Jakarta dengan akademisi Universitas Gunadarma. Selain membantu pengguna jasa secara umum, tugas Robot Dina yang berpatroli keliling stasiun dinilai lebih efektif mengawasi fasilitas dan kondisi area stasiun, terutama saat window time (waktu setelah operasional).

Penggunaan robot pintar dapat berpatroli secara otonom maupun menggunakan kendali petugas.

Cara Robot Dina membantu penumpang dengan layar yang akan tersambung ke petugas, sehingga penumpang bisa bertanya secara langsung. Robot ini mampu melakukan komunikasi dua arah dengan penumpang.

Robot Dina akan dikembangkan lebih baik untuk membantu pelayanan pengguna jasa maupun sebagai fungsi pengawasan keamanan di stasiun.

Nantinya akan dilakukan kajian dan evaluasi untuk penambahan di stasiun lain, termasuk untuk MRT Fase 2A.

PT MRT Jakarta juga mengajak para pengguna MRT untuk mencoba berinteraksi dengan Robot Dina.

Robot ini diharapkan mampu membantu pengambilan kebijakan di stasiun dan bekerja sesuai kebutuhan operasional yang akan bertugas sebagai asisten untuk memenuhi kebutuhan para pengguna jasa MRT.

Sentimen: positif (98.4%)