Sentimen
Positif (100%)
10 Jan 2023 : 22.48
Informasi Tambahan

Grup Musik: iKON

Simak Tata Cara Daftar Online Bantuan Pemerintah 2023 Dengan Mudah

10 Jan 2023 : 22.48 Views 22

Akurat.co Akurat.co Jenis Media: News

Simak Tata Cara Daftar Online Bantuan Pemerintah 2023 Dengan Mudah

AKURAT.CO Ada cara dapat bansos 2023 yang bisa ditempuh masyarakat. Pada tahun 2023, pemerintah akan kembali mengucurkan sejumlah program bansos alias bantuan sosial. Untuk mendapatkan bantuan pemerintah bisa mengajukan lewat online, masyarakat yang berhak harus terdaftar dalam DTKS.

DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial adalah pusat data yang menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Daftar online bantuan pemerintah harus Anda ketahui agar tidak terlewatkan.

Untuk terdaftar ke dalam DTKS, masyarakat bisa mendaftar melalui RT/RW, kantor desa/kelurahan atau kantor dinas sosial. Sejak 2011, pengajuan usul penerima bansos juga bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos. Pendaftaran DTKS pun bisa dilakukan secara online.

baca juga:

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa bantuan pemerintah 2023 yang akan disalurkan pada bulan Januari ini adalah PKH dan BPNT. Warga pun bisa menjadi salah satu keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan pemerintah 2023 tersebut dengan mendaftar secara online.

Lalu dengan begitu sebelum mendaftarkan diri Anda sebagai penerima bantuan pemerintah, pastikan dulu bahwa diri Anda telah terdaftar di DTKS. Bagaimana cara mendaftar DTKS? simak berikut ini:

Daftar online bantuan pemerintah dengan mendaftarkan diri Anda terlebih dulu di DTKS:

1. Akses laman dtks.jakarta.go.id

2. Buat akun apabila belum punya

3. Login menggunakan akun yang telah dibuat

4. Tekan tombol 'Pendaftaran' lalu masukan data diri, anggota keluarga dan informasi rumah tangga sesuai yang diminta.

5. Klik 'Kirim' setelah semua data terisi.

Setelah Anda sudah memastikan bahwa diri Anda sudah terdaftar di DTKS, Anda bisa langsung mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah, dikutip dari beberapa sumber pada (10/01/23). Ini cara daftar online bantuan pemerintah:

1. Download lalu buka aplikasi Cek Bansos di HP masing-masing

2. Siapkan berkas Kartu Keluarga (KK) dan KTP

3. Klik “Buat Akun Baru” untuk membuat akun

4. Isilah kolom identitas berupa Nomor KK, NIK dan Nama Lengkap

5. Input email (yang masih aktif) dan nomor HP

6. Buat username dan password

7. Unggah foto KTP beserta swafoto (selfie) yang sedang memegang KTP

8. Klik “Buat Akun Baru”.

Selanjutnya, Anda akan menerima email dari Kemensos berupa email verifikasi dan aktivasi untuk mengaktifkan akun. Apabila kedua email tersebut sudah masuk, silakan lanjutkan pendaftaran bantuan pemerintah 2023 ke tahap berikut:

1. Buka kembali aplikasi Cek Bansos

2. Login dengan memasukkan username dan password

3. Klik fitur “Daftar Usulan”

4. Pilih “Tambah Usulan”

5. Isi data diri dengan lengkap seperti Nomor KK, NIK hingga keterangan soal orang terdekat yang dapat dihubungi

6. Pilih jenis bansos yang hendal didapatkan, tinggal klik “PKH” atau “BPNT”

7. Upload kembali foto KTP dan foto rumah tampak depan

8. Pilih dan klik “Tambah Usulan”

Beberapa saat kemudian, data akan diproses oleh Kemensos. Sebagai catatan, penetapan penerima bantuan pemerintah 2023 cukup memakan waktu, jadi dimohon untuk bersabar.

Untuk memastikan sudah terdaftar atau belum, cek daftar penerima bantuan pemerintah secara berkala lewat fitur “Cek Bansos” atau situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Setelah membuat akun Kemensos, masyarakat luas juga bisa memantau apakah Bansos disalurkan sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak melalui Aplikasi Cek Bansos, karena di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Usul dan Sanggah.

Cara Menggunakan Fitur Usul

Fitur Usul digunakan jika anda atau orang yang di sekitar Anda yang berhak mendapatkan bantuan sosial tapi tidak mendapatkannya.

Adapun cara menggunakan Fitur Usul adalah sebagai berikut:

1. Log in di Aplikasi Cek Bansos

2. Klik tombol menu Daftar Usulan pada halaman menu.

3. Klik tombol Tambah Usulan.

4. Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat.

5. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).

6. Unggah 2 foto (KTP dan rumah tampak depan)

Cara Menggunakan Fitur Sanggah

Fitur Sanggah adalah kebalikan dari Fitur Usul. Fitur Sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapatkan BLT atau tidak. Nantinya dalam Aplikasi Cek Bansos akan ditampilkan siapa saja penerima BLT di sekitar wilayah Anda.

Berikut cara menggunakan fitur Sanggah:

1. Buka Aplikasi Cek Bansos.

2. Klik menu "Tanggapan Kelayakan".

3. Lalu akan ditampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda.

4. Berikan tanggapan dengan memilih ikon "jempol menghadap ke bawah" untuk dinilai tidak layak atau "jempol menghadap ke atas" untuk dinilai sudah layak.

5. Setelah itu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT.

6. Klik kirimkan tanggapan

Setelah mengajukan diri lewat fitur Usul Sanggah ini, nantinya Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

Itulah tata cara daftar online bantuan pemerintah yang dapat Anda lakukan, semoga membantu. []

Sentimen: positif (100%)