Sentimen
Positif (99%)
8 Jan 2023 : 17.15
Partai Terkait

'Kapsul Waktu' Spotify Ingatkan Pengguna di Tahun 2024

8 Jan 2023 : 17.15 Views 12

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

'Kapsul Waktu' Spotify Ingatkan Pengguna di Tahun 2024

Krjogja.com - Jakarta - Spotify baru saja memperkenalkan sebuah fitur baru yang diberi nama Playlist in a Bottle. Secara garis besar, fitur ini berfungsi layaknya kapsul waktu untuk mengingatkan aktivitas pengguna sepanjang 2023.

Jadi, seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (6/1/2023), fitur ini dirancang untuk menangkap selera musik penggunanya saat ini, lalu mengingatkannya kembali satu tahun kemudian, tepatnya 2024.

"Jadi, untuk merayakan tahun baru, kami meluncurkan pengalaman baru bagi pengguna untuk membantu Anda mengabadikan momen menjelang Januari 2024 tiba," tulis perusahaan dalam situs resminya.

Saat ini, Playlist in a Bottle sudah bisa diakses pengguna, baik gratis maupun premium di perangkat iOS atau Android. Spotify menyebut fitur ini sudah tersedia di 27 pasar dan mendukung 18 bahasa, termasuk Indonesia.

Hanya perlu diingat, fitur ini hanya bisa diakses hingga 31 Januari 2023, sehingga pengguna yang tertarik bisa segera mencobanya. Nah, untuk membuat Playlist in a Bottle, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Pastikan telah memiliki aplikasi Spotify versi terkini

Klik spotify.com/playlistinabottle dari perangkat milikmu
Pilih kapsul waktu yang diinginkan, ada botol, saku jeans, gumball machine, kotak makan siang, atau boneka teddy bear
Jawab pertanyaan yang diajukan
Segel secara digital kapsul waktu yang sudah dipilih tersebut
Nantinya di Januari 2024, pengguna yang membuat Playlist in a Bottle akan menerima kapsul waktu mengingatkan apa saja yang didengarnya selama satu tahun terakhir

Di sisi lain, Spotify mengungkapkan peningkatan jumlah konsumsi podcast atau siniar di Indonesia melalui platformnya. Hal ini diungkap dalam konferensi podcast pertama mereka di Asia tepatnya di Jakarta pada tahun lalu.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/11/2022).

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," kata Gautam.

Ia menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar siniar di Spotify terbanyak secara global.

Perusahaan menyebut, pencapaian ini diperoleh karena upaya yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya, melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri tersebut.

Adapun, beberapa inisiatif ini termasuk kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang sudah tersedia di Anchor, secara gratis.

Sentimen: positif (99.7%)