Sentimen
Positif (91%)
3 Jan 2023 : 06.43
Informasi Tambahan

Institusi: Universitas Mercu Buana

Kab/Kota: Yogyakarta

Gelar Bazar Kuliner, UMBY Bongkar Rahasia Bisnis Minuman Kekinian

3 Jan 2023 : 06.43 Views 14

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

Gelar Bazar Kuliner, UMBY Bongkar Rahasia Bisnis Minuman Kekinian

Krjogja.com - YOGYA - Mahasiswa S1 Psikologi R2 dan R3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar bazar kuliner dan kerajinan tangan pada Jumat (30/12/2022) di area Teater Kampus 3 UMBY. Kegiatan ini dilakukan sebagai pemenuhan tugas akhir mata kuliah Pengembangan Diri dan Karier yang diampu oleh Dosen Noviar atau yang akrab disapa Pak Piare.

Belasan tenant menyajikan berbagai stand dengan menu yang dikemas menarik dengan berbagai sistem pemasaran. Bazar dibuka untuk umum, tersaji berbagai curahan ragam ide dan kreativitas dari masing-masing kelompok yang dikemas sedemikian rupa seperti, olahan kopi, rempah/herbal, snack dan craft.

Tiap kelompok antar stand saling berkompetisi, wujud aktualisasi dan penyaluran kreativitas masing-masing dalam bentuk produk yang memiliki manfaat, keunikan, dan nilai jual. Tiap kelompok saling berlomba untuk dapat menarik perhatian pengunjung bazar agar mau mencoba produk sajian di tenant pilihan.

Satu diantaranya, terkhusus pada kelompok 2 R2 pada tenant eSTW (coffee, choco, fruit, and tea) dengan produk minuman kekinian menawarkan sistem self service and experience pada pengunjungnya. Produk dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau 7 ribu rupiah untuk milky series dan 9 ribu rupiah untuk signature series dengan porsi 16 oz per cup.

Mengusung tagline minuman sejuta umat, tenant eSTW tidak sekedar berjualan dengan harga yang terjangkau, melainkan memberikan informasi terkait bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut bagi pengunjung yang tertarik atau berencana untuk memulai bisnis serupa.

Husnul selaku anggota kelompok 2 R2 memberikan pelatihan secara langsung, tentang bagaimana cara meracik minuman kekinian tersebut dengan takaran yang pas sesuai menu yang diinginkan oleh pengunjungnya. Tidak cukup sampai di situ, Husnul dan tim juga membongkar rahasia finansial bisnis tersebut seperti, perhitungan modal yang relatif terjangkau (dibawah 1 juta), probabilitas omset, serta profit margin yang didapatkan dari tiap cup yang terjual.

Terlepas dari produk minuman yang diperoleh, sistem sajian pada tenant eSTW tersebut diklaim dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pengunjungnya. Yakni peluang usaha di bidang kuliner khususnya minuman kekinian, yang beberapa tahun belakangan ini sedang tren di kalangan masyarakat seperti, es kopi susu, boba, susu gula aren, dan lainnya. Tren ini semata-mata kemudian menjadi bagian dari produk gaya hidup.

Banyak sekali minuman kekinian yang berinovasi mengikuti selera pasar dan menjadi populer dikalangan anak muda. Selain karena rasanya manis, minuman ini menjadi simbol gaya hidup karena penampilan sajiannya yang indah untuk dipamerkan di media sosial. (*)

Sentimen: positif (91.4%)