Sentimen
Informasi Tambahan
Brand/Merek: Apple
Pemuda Perindo DKI Jakarta Ungkap Keuntungan dan Tantangan Kampanye Digital
iNews.id
Jenis Media: Nasional

JAKARTA, iNews.id – Peran konten digital dan media sosial (medsos) sangat penting bagi berbagai segi kehidupan di era digitalisasi, tak terkecuali untuk kepentingan kampanye politik. Hal ini juga yang disadari oleh organisasi sayap kepemudaan Partai Perindo, Pemuda Perindo DKI Jakarta jelang pemilu 2024.
Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Massa DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Ricky Irawan melihat, kampanye digital sangat mempengaruhi saat ini, apalagi mayoritas penduduk Indonesia berusia 25-34 tahun. Medsos bisa sangat bermanfaat dalam menggiring opini publik.
“Apalagi generasi milenial sekarang sangat fasih kan dan di dunia kampanye yang namanya digital itu enggak bisa dipisahkan apalagi untuk menggiring opini di situ, yang enggak bener bisa jadi bener, yang bener bisa jadi enggak bener,” kata Ricky dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo yang bertajuk 'Kampanye Konvensional vs Kampanye Digital' secara daring, Minggu (27/11/2022).
Untuk itu, kata Ricky, selain berkampanye harus juga pandai-pandai dalam mengedukasi masyarakat, agar mereka tahu mana yang hoaks dan mana yang bukan sehingga, mengedukasi masyarakat juga menjadi pekerjaan rumah tersendiri, khususnya mengecek pemberitaan di media-media massa yang besar.
“Itu PR-nya, jadi kampanye digital itu harus bisa validasi mana yang hoaks yang tidak, khususnya media-media besar untuk memvalidasi, karena enggak mungkin media besar kasih berita yang hoaks. Jadi harus pandai-pandai masyarakat,” ujarnya.
Ricky pun membagikan pengalamannya saat menggunakan Tik Tok, betapa sulitnya memilah yang hoaks dan tidak di Tik Tok, sehingga membutuhkan validasi melalui media massa besar.
Apalagi, menurut Ricky, media digital sangat mempengaruhi masyarakat, karena nyatanya lebih mudah untuk mempengaruhi masyarakat saat seorang konten kreator mengkampanyekan tokoh lainnya. Bahkan, lebih mudah untuk menjual sosok ketimbang produk di media digital.
“Jadi lebih gampang kalau kita sebagai kreator yang mengkampanyekan sosok yang pingin dikampanyekan, orang akan lebih percaya, trust apple-nya akan lebih kebentuk. Dan reputasinya juga gampang kebentuk, jadi sekarang zamannya orang mengkampanyekan orang,” papar programmer professional ini.
Editor : Muhammad Fida Ul Haq
Bagikan Artikel:
Sentimen: positif (93.9%)