Sentimen
Undefined (0%)
9 Agu 2025 : 20.52
Informasi Tambahan

Kab/Kota: bandung, Jabodetabek, Palembang, Parepare, Solo, Surabaya, Yogyakarta

Meningkat 9,04 Persen, Penumpang KAI Group Januari-Juli 2025 Capai 286,5 Juta

9 Agu 2025 : 20.52 Views 3

Espos.id Espos.id Jenis Media: Bisnis

Meningkat 9,04 Persen, Penumpang KAI Group Januari-Juli 2025 Capai 286,5 Juta

Esposin, SOLO - Sepanjang Januari hingga Juli 2025, KAI Group melayani total 286.571.681 pelanggan. Jumlah tersebut naik 9,04% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 262.811.404 pelanggan.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan tren tersebut membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap layanan berbasis rel di KAI Group semakin kuat, seiring peningkatan kualitas dan jangkauan layanan di berbagai wilayah.

“Seluruh moda di bawah KAI Group, mulai dari kereta jarak jauh, lokal, commuter line, hingga LRT, mencatat kenaikan. Ini sinyal positif bahwa transportasi berbasis rel kian menjadi pilihan utama masyarakat untuk mobilitas harian, perjalanan bisnis, hingga wisata,” kata Anne dalam siaran pers, Sabtu (9/8/2025). 

Berdasarkan data yang ada, pertumbuhan tertinggi terjadi pada layanan LRT Jabodebek dengan 15.772.638 pelanggan atau naik 47,23% dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 10.712.920. KAI Wisata melalui layanan kereta Panoramic dan Luxury juga mencatat kenaikan 44,78% menjadi 127.094 pelanggan.

Sedangkan di Sulawesi, KA Makassar–Parepare yang menjadi kereta api (KA) pertama di pulau tersebut, melayani 181.898 pelanggan, naik 10,86% dari 164.079 pelanggan pada Januari–Juli 2024. LRT Sumsel di Palembang yang menghubungkan pusat kota dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani 2.628.095 pelanggan, tumbuh 9,53% dari 2.399.490 pelanggan tahun lalu.

Untuk layanan utama KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang dioperasikan KAI, jumlah pelanggan mencapai 32.758.315 atau naik 7,5% dari 30.459.022 pelanggan. KAI Commuter, yang mengelola Commuter Line Jabodetabek, Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Lokal di Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta, melayani 227.521.318 pelanggan, naik 7,02% dari 212.589.546 pelanggan.

Sedangkan Whoosh yang dikelola KCIC juga membukukan 3.516.906 pelanggan, meningkat 7,01% dari 3.286.506 pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.

Selain pertumbuhan pelanggan, kinerja ketepatan waktu (On Time Performance) juga tetap terjaga tinggi. Rata-rata ketepatan waktu keberangkatan KA Penumpang KAI pada Januari–Juli 2025 mencapai 99,56%, sementara kedatangan berada di angka 96,44%.

Sebelumnya KAI Daop 6 menyebut untuk jumlah penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari wilayah Daop 6 meningkat 5% pada periode Juli 2025. Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, mengatakan sepanjang Juli 2025 total ada 677.737 penumpang KA jarak jauh yang diberangkatkan dari wilayah Daop 6. Sedangkan pada bulan Juni 2025 tercatat jumlah penumpang KA jarak jauh yang berangkat sebanyak 643.892 penumpang.

 

 

 

Sentimen: neutral (0%)