Sentimen
Informasi Tambahan
Kab/Kota: Wonogiri
Lewat MPP Digital, Urus Perizinan Usaha di Wonogiri Kini Cukup dari Rumah
Espos.id
Jenis Media: Solopos

Esposin, WONOGIRI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri bakal memaksimalkan layanan Mal Pelayanan Publik atau MPP digital, salah satunya dalam hal pengurusan perizinan usaha.
Layanan ini memungkinkan warga tidak perlu mendatangi kantor atau loket pelayanan publik secara langsung, melainkan bisa dilakukan jarak jauh secara online atau dalam jaringan.
Kepala DPMPTSP Kabupaten Wonogiri, Eko Subagyo, menerangkan saat ini sudah ada sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) yang melayani layanan publik di MPP Digital Wonogiri. MPP Digital Wonogiri dapat diakses melalui laman mpp.wonogirikab.go.id.
OPD itu meliputi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan. Selain itu Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan DPMPTSP.
Layanan-layanan publik pada OPD itu bisa diakses secara daring. Melalui MPP digital ini, layanan publik masing-masing OPD terintegrasi dalam satu platform. Dengan MPP Digital warga hanya perlu mendaftar dan mengunggah berkas yang diperlukan. Ketentuan berkas yang diunggah tertera di setiap menu layanan di MPP digital berbasis website tersebut.
“Masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke loket MPP manual. Urusan layanan administrasi, mulai dari perizinan usaha atau penelitian hingga pencatatan administrasi kependudukan bisa dilakukan dari rumah,” kata Subagyo kepada Espos, Rabu (25/6/2025).
Dia menyampaikan MPP Digital Wonogiri sebenarnya sudah ada sejak awal MPP beroperasi pada awal 2023 lalu. Hanya, penyediaan layanan publik oleh OPD dilakukan secara bertahap. Belum semua layanan OPD di Kabupaten Wonogiri masuk di MPP Digital.
MPP Digital juga terus mengalami pengembangan, sehingga semakin mudah dan efisien bagi masyarakat mengurus segala administrasi yang diperlukan.
DPMPTSP Wonogiri merencanakan semua layanan publik masing-masing OPD akan tersedia dan terintegrasi di MPP Digital. Ke depan, OPD yang sudah memiliki layanan di MPP digital, maka tidak akan membuka atau melayani layanan publik secara langsung di gedung MPP.
“Jadi nanti arahnya tidak ada lagi layanan MPP manual seperti sekarang. Dengan MPP digital, semua nanti bisa dilayani secara digital,” ujar dia.
Kepala Seksi Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri, Sriyanto, menyatakan sekarang sudah ada 102 pelayanan publik dari sembilan OPD yang tersedia di MPP digital Wonogiri.
Dengan MPP digital, proses layanan lebih cepat dan hemat. Layanan ini juga bersifat user friendly sehingga mudah digunakan warga yang melek digital.
“Dalam MPP digital ini, warga bisa memantau secara langsung setiap proses tahapan pelayanan. Warga akan mendapat pemberitahuan. Jika terdapat berkas yang belum lengkap pun akan diinformasikan melalui Whatsapp untuk dilakukan perbaikan,” kata Sriyanto.
Sentimen: neutral (0%)