Sentimen
Positif (100%)
20 Apr 2025 : 19.57
Informasi Tambahan

BUMN: BRI

Grup Musik: APRIL

Bank Raya Targetkan 10 Ribu Nasabah Baru Selama HUT TMII ke-50

20 Apr 2025 : 19.57 Views 22

Pikiran-Rakyat.com Pikiran-Rakyat.com Jenis Media: Ekonomi

Bank Raya Targetkan 10 Ribu Nasabah Baru Selama HUT TMII ke-50

PIKIRAN RAKYAT - Bank Raya, menargetkan akuisisi 10 ribu nasabah baru selama event perayaan HUT ke-50 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlangsung selama 10 hari sejak 18 hingga 27 April 2025. Dalam momentum Pesta Rakyat Nusantara, diperkirakan ada 200 ribu orang berkunjung ke TMII, oleh karena itu Bank Raya menghadirkan berbagai promo menarik dan layanan digital dengan target menjaring 10 ribu nasabah baru.

“Di Taman Mini Indonesia Indah ini, dimana kita bisa expect nanti tumbuh sekitar 10 ribu (nasabah baru) dengan transaksi juga bisa naik sekitar 200 persen,” kata Direktur Bisnis Bank Raya, Kicky Andrie Davetra, saat konferensi pers di TMII, Jakarta Timur, Minggu, 20 April 2025.

Kicky menjelaskan, kerja sama dengan TMII juga strategis lantaran ada kesamaan target pasar yaitu segmen mikro dan kecil. Ia menambahkan, Bank Raya sebagai bagian dari ekosistem Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki produk-produk yang menyasar sisi konsumtif dan produktif segmen tersebut.

“Sehingga memang ini menjadi sebuah kolaborasi yang harapannya tentunya cukup produktif, selain tadi meningkatkan jumlah portofolio tapi juga sebagai bagian kita untuk memperkuat brandnya Bank Raya,” ujarnya.

Tujuan Selain Menambah Jumlah Nasabah

Selain meningkatkan jumlah nasabah, Kicky menegaskan bahwa Bank Raya juga fokus pada literasi keuangan dan memperkuat brand image pasca-rebranding dari bank berbasis agro menjadi bank digital. Menurutnya, perjalanan menuju rebranding memang tidak singkat.

“Beberapa kerja sama yang kita lakukan termasuk dengan Taman Mini adalah sebagai upaya kita untuk me-rebrand bahwa Bank Raya hadir sebagai Bank Digital,” ucap Kicky.

Kicky, menegaskan, Bank Raya memproyeksikan akuisisi 10 ribu nasabah baru selama event, atau sekira 5–10 persen dari total pengunjung. Target itu bukan tanpa alasan, karena Bank Raya mencatat pertumbuhan signifikan selama 2024 yakni di atas 50 persen dan customer base menyentuh angka 1 juta.

“Dengan transaksi sebenarnya kalau diperhatikan itu kami year on year kemarin tumbuh sekitar 200 persen. Jadi artinya apa? Artinya penambahan jumlah nasabah baru pertumbuhan transaksi kita juga cukup tinggi,” katanya.

Hadirkan Pembayaran Cashless

Melalui kolaborasi dengan TMIK, Bank Raya menghadirkan solusi pembayaran cashless di berbagai tenant UMKM sehingga memudahkan pengunjung dalam bertransaksi selama event Pesta Rakyat Nusantara.

“Banyak pesan dari BRI untuk kita bisa bertumbuh kemudian juga berkembang sebagai Bank Digital,” kata Kicky.

Kicky menegaskan, Bank Raya hadir bukan sekadar sebagai penyedia layanan keuangan, tetapi juga sebagai agen perubahan untuk mengenalkan masyarakat pada ekosistem transaksi digital. Ia menekankan, peran Bank Digital juga tidak dapat dilepaskan dari konteks melakukan inklusi dan literasi keuangan.

“Kalau kita ngomongin inklusi maupun literasi yang dikerjakan oleh Bank Raya sebetulnya dimulai dari proses mengenalkan bagaimana transaksi keuangan itu harus dilakukan. Sehingga starting awalnya adalah on boarding atau acquisition rekening atau akuisisi,” tutur Kicky.

Selama berlangsungnya “Pesta Rakyat Nusantara”, Bank Raya menyuguhkan program menarik untuk setiap pembukaan rekening seperti program cashback 50 persen up to Rp15 ribu untuk transaksi di berbagai tenant UMKM, F&B, dan food truck. Kemudian, cashback 50 persen up to Rp20 ribu untuk transaksi di wahana Kidzania Go, cashback 50 persen up to Rp20 ribu untuk transaksi di Perdana Ria, dan cashback 20 persen untuk transaksi di HMS perfume.

“Di samping itu, bagi pengunjung yang menabung Rp100 ribu juga berkesempatan untuk mendapatkan best view/spot khusus di puncak acara Pesta Rakyat Nusantara,” ucap Kicky.

Lebih lanjut, Kicky menyampaikan, Bank Raya juga menghadirkan kemudahan transaksi menggunakan Raya App bagi para pengunjung, serta memperkenalkan QRIS Bank Raya pada beberapa tenant di booth bazar UMKM. Sehingga para UMKM dapat melayani konsumen dengan lebih baik menggunakan fitur QRIS Bank Raya, dan pengunjung bisa bertransaksi dengan mudah karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk berbelanja.

“Nasabah Bank Raya bisa dengan mudah melakukan transaksi QRIS dan juga bagian dari kita mencoba mengedukasi nasabah untuk menggunakan transaksi digital, kita tawarkan berbagai macam cashback,” ujarnya.

Dengan kehadiran fitur-fitur untuk pengelolaan keuangan, proses onboarding yang mudah, serta transaksi QRIS yang cepat, Bank Raya memberikan pengalaman perbankan digital yang ramah pengguna.

“Jadi kita mulai inklusi itu mulai dari mengenalkan produk tabungannya, kemudian onboardingnya kita permudah dengan berbagai macam fitur-fitur dan kemudian kita juga dorong untuk menggunakan rekening dengan aktif melalui berbagai macam kemudahan transaksi,” ujar Kicky.***

Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Sentimen: positif (100%)