Sentimen
Positif (100%)
12 Apr 2025 : 11.10

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 70 71 72 73 74 75 Subtema 2 Diskusi Kelompok

12 Apr 2025 : 11.10 Views 19

Tribunnews.com Tribunnews.com Jenis Media: News

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 70 71 72 73 74 75 Subtema 2 Diskusi Kelompok

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 70 71 72 73 74 75 Subtema 2 Pembelajaran 2 Diskusi Kelompok

TRIBUNJATENG.COM - Berikut kunci jawaban tema 9 Kelas 5 SD halaman 70 71 72 73 74 75 Subtema 2 Pembelajaran 2.

Kunci jawaban ini bisa digunakan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak.

Namun itu yang perlu dipahami adalah beberapa soal adalah pertanyaan terbuka.

Artinya, siswa bisa mempunyai jawaban berbeda dengan yang ada di kunci jawaban ini.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 2 halaman 70, 71, 72, 73, 74, dan 75 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Halaman 70

Ayo berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektronik?

Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban;

Iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan melalui media elektronik, misalnya radio, televisi, dan internet

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut.

Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)

Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat.

Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan.

Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Halaman 71 - 72

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum. Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet.

Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

Jawab :

Unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet.


Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut.

Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

Jawaban:

*Iklan 1


Penilaian:

Iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik.

Alasan:

Iklan tersebut tidak menjelaskan keunggulan produk dan nama produk sehingga kurang menarik

 *Iklan 2

iklan 2-9/5 (Buku Tematik Kelas 5 SD)
Penilaian:

Iklan di atas cukup menarik

Alasan:

Iklan tersebut cukup menarik karena didalamnya terdapat penjelasan keunggulan produk dan ada juga nama dan gambar produk.

*Iklan 3


Penilaian:

Iklan tersebut sangat menarik perhatian.

Alasan:

Iklan berisi keunggulan produk dan nama dan gambar produk sehingga menarik perhatian.

Halaman 73 - 74

Siti dan adik selesai membersihkan ruang keluarga. Ibu dan ayah pun selesai membersihkan halaman dan lingkungan rumah.

Saatnya keluarga Siti beristirahat. Siti dan keluarganya beristirahat di ruang keluarga sambil menonton televisi.

Sebelum menyajikan minuman, ibu menanyakan minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik.

Ternyata minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik berbeda-beda. Ayah ingin kopi panas, Siti ingin air putih dingin, dan adik ingin es teh.

Berbeda lagi dengan minuman yang diinginkan ibu Siti. Beliau menginginkan teh panas.

Siti membantu ibu menyiapkan minuman. Ibu menyiapkan hidangan kecilnya.

Ibu ingin membuat bakwan. Adonan bakwan sudah ibu siapkan sebelum memulai bekerja bakti membersihkan rumah.

Jadi, ibu tinggal menggorengnya. Inilah adonan bakwan yang siap digoreng ibu.

Coba kamu perhatikan adonan bakwan yang dibuat Ibu Siti. Adonan bakwan yang terdiri atas tepung terigu dan sayuran tidak tercampur secara merata.

Materi dalam adonan sifat dan bentuknya masih kelihatan.

Berdasarkan ciri adonan tersebut, dapat kamu ketahui bahwa adonan bakwa yang siap digoreng Ibu Siti merupakan zat campuran heterogen.

Ibu segera menggoreng adonan bakwan.

Sementara itu, Siti sibuk menyiapkan berbagai minuman. Inilah minuman yang dibuat Siti.


1. Air dalam gelas pada gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral.

Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk.

Oleh karena itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal.

2. Segelas es teh yang dibuat Siti merupakan zat campuran heterogen.

Contoh campuran heterogen adalah teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.

3. Segelas kopi yang dibuat Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan bubuk kopi.

Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Dalam dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut sempurna dengan air dan gula.

Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut dapat kamu pahami bahwa air kopi termasuk zat campuran heterogen.

4. Segelas teh manis yang dibuat Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi yaitu air, teh, dan gula putih.

Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna.

Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah.

Berdasarkan ciri teh manis tersebut dapat kamu pahami bahwa teh manis termasuk zat campuran homogen.

Halaman 75

Kamu telah mengetahui beberapa contoh zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari contoh lain materi yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen.

Berikan alasan mengapa materi tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, atau zat campuran heterogen.

Setiap kelompok minimal membuat lima contoh materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sentimen: positif (100%)