Sentimen
Negatif (79%)
26 Mar 2025 : 03.31
Informasi Tambahan

Kasus: kecelakaan, Operasi Ketupat

Kecepatan Berbahaya di Tol Cipularang Otomotif 26 Maret 2025

26 Mar 2025 : 03.31 Views 5

Kompas.com Kompas.com Jenis Media: Metropolitan

Kecepatan Berbahaya di Tol Cipularang
                                
                                    
                                        
                                            Otomotif                                            
                                        
                                        
                                            26 Maret 2025

Kecepatan Berbahaya di Tol Cipularang Tim Redaksi JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho menyarankan agar pemudik senantiasa mengendalikan tingkat kecepatan dan mematuhi aturan berkendara saat melintas di jalur Cipularang yang rawan kecelakaan. Sebab, ruas tersebut memiliki kontur jalan yang sedikit landai serta bergelombang. Sehingga, sering kali kendaraan lepas kendali yang pada akhirnya menabrak kendaraan lain di sekitarnya. A post shared by NTMC Korlantas Polri (@korlantaspolri.ntmc) "Jangan sampai overspeed , tidak perlu tergesa-gesa," kata dia dalam keterangannya setelah meninjau jalur penyelamat di Tol Cipularang KM 92, Selasa (25/3/2025). Selain itu, Agus juga mengimbau supaya pengguna Tol Cipularang perlu waspada terhadap troublespot dan blackspot . Untuk itu, jalur penyelamat disiapkan guna mengantisipasi kecelakaan dan mengurangi fatalitas korban. Tol Cipularang memang diketahui sebagai salah satu ruas yang rawan kecelakaan karena kondisi tipografi yang relatif berkelok dan menurun, permukaan yang tidak rata, hingga licin karena berpasir. Khususnya, sebagaimana disampaikan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, pada Km 90 sampai Km 100. Kondisi ini diperparah oleh banyak pengemudi yang enggan untuk beristirahat karena ruas relatif renggang dibandingkan dengan Cikampek. "Faktor utamanya adalah kecepatan, diakumulasikan dengan kondisi jalan yang menurun, itu kendaraan yang larinya 100 kilometer per jam (kpj) momentumnya lebih dari 100 kpj," ujarnya. "Jadi meski mata memandang kondisinya seperti lambat, tapi dorongannya cukup berat. Dari sini, banyak faktor lain yang bisa dijabarkan, dari kemampuan cengkraman roda, daya pengereman, dan lain sebagainya," papar Jusri. Dalam kesempatan yang sama, Agus juga menyampaikan bahwa arus lalu lintas yang meninggalkan Jakarta selama tiga hari Operasi Ketupat 2025 (23-25 Maret 2025) meningkat 30 persen dari kondisi normal. Namun, volume-nya masih cukup lenggang.   Copyright 2008 - 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Sentimen: negatif (79.9%)