Sentimen
Netral (98%)
19 Mar 2025 : 19.45
Informasi Tambahan

BUMN: Citilink, Garuda Indonesia

Grup Musik: APRIL

Kab/Kota: Tangerang

Tokoh Terkait

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, InJourney Aviation Buka Posko Gabungan Nasional Jelang Lebaran 2025 - Halaman all

19 Mar 2025 : 19.45 Views 13

Tribunnews.com Tribunnews.com Jenis Media: Ekonomi

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, InJourney Aviation Buka Posko Gabungan Nasional Jelang Lebaran 2025 - Halaman all

TRIBUNNEWS.COM – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia layanan di sektor penerbangan, InJourney, melalui sub-holdingnya InJourney Aviation Services (IAS) membuka Posko Gabungan Nasional (Posgabnas) menjelang Hari Raya Idul Firi 2025, Rabu (19/3/2025).

Pembukaan Posgabnas IAS Group ini diselenggarakan di APSpace, Soekarno-Hatta Airport Terminal 3 Domestik, Tangerang dihadiri Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Direksi PT Angkasa Pura Indonesia, Direksi IAS Group, Direksi PT Garuda Indonesia, Direksi PT Citilink Indonesia, dan Direksi PT Pelita Air Service.

Direktur Utama IAS, Dendi Danianto menyatakan, Posgabnas pihaknya akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Maret 2025 hingga 8 April 2025 secara serentak di bandara regional 1 (KNO), bandara regional 2 (CGK), bandara regional 3 (DPS), dan bandara regional 4 (UPG).

"Posgabnas dibentuk dalam rangka mensinergikan dan mengkolaborasikan entitas yang ada di dalam IAS Group agar dapat meningkatkan layanan kepada pengguna Jasa Bandara dan Airlines," kata Dendi dikutip Rabu.

Dia menjelaskan, fungsi utama pembentukan Posgabnas adalah pemantauan kondisi pelayanan di setiap bandara secara real time, termasuk lalu lintas udara, pemrosesan penumpang, bagasi, kargo, dan fasilitas bandara lain.

Pemantauan pelayanan dilakukan melalui data center tools berbasis digital seperti Manajemen Operasi Traffic (MOT), Cargo Integrated System (CIS), Gapura Integrated System (GIS), dan Baggage Delivery Time (BDT) serta berfungsi sebagai pusat komunikasi krisis apabila terjadi situasi darurat atau krisis dan memantau feedback dari customer melalui saluran keluhan pelanggan yang ditempatkan di setiap titik layanan.

Selain pembukaan Posgabnas, kata dia, pihaknya juga melakukan conference pers guna memberikan informasi terkait kesiapan layanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025 untuk memastikan pelayanan terbaik di seluruh bandara yang dikelolanya serta mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang serta memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan udara bagi masyarakat.

"Untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang selama periode Idul Fitri 2025, kami telah mempersiapkan kualitas layanan dan customer experience yang melebihi harapan melalui inisiatif traffic monitoring , stakeholder collaboration , dan proactive action di seluruh bandara di Indonesia”, ucapnya.

“Kami juga menghadirkan berbagai rangkaian dan program promo diskon spesial di seluruh layanan yang dikelola oleh IAS Group yang terdiri dari Pax Concierge melalui layanan pelanggan “Joumpa”, layanan lounge di bandara “Concordia dan Saphire“, dan layanan baggage service bernama “It’s a Wrap"," katanya.

Direktur Integrasi dan Portfolio IAS, Danny P Thaharsyah menyatakan fokus dalam customer journey menjadi salah satu framework pihaknya dalam mengembangkan dan stimulus sektor aviasi dan pariwisata.

"Tidak hanya output dan kesiapan fasilitas bandara, namun juga bagaimana kita melayani pelanggan. Baik dari sisi kebersihan, five sense dan kenyamanan. Inilah bagian dari journey dalam menjalankan customer experience kita", ucapnya.

Danny mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan perbaikan-perbaikan dari sisi fasilitas, proses, dan SDM di bandara.

"Melalui IAS, InJourney memastikan bahwa kesiapan petugas selama melayani penumpang selama periode Idul Fitri 2025 dapat terus berjalan dengan optimal," katanya.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadi menyatakan, pihaknya menjalin koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh stakeholder untuk mempersiapkan dalam menghadapi peak season Idul Fitri 2025.

"Koordinasi dilakukan dengan melakukan kegiatan pengawasan dan pengendalian terkait dengan pemenuhan aspek sarana dan prasarana, SDM, prosedur di masing-masing stakeholder yang melakukan dan memberikan dukungan kegiatan penerbangan," ucapnya.

“Pengawasan dan pengendalian tersebut berupa ramp inspection (ramp check) pesawat udara, pengawasan tarif angkutan udara, pengawasan keamanan penerbangan, pengawasan navigasi penerbangan dan pengawasan bandar udara, di mana seluruhnya telah dinyatakan siap untuk menyambut periode peak season Hari Raya Idul Fitri 2025," katanya.

Sentimen: netral (98.4%)