Sentimen
Positif (99%)
11 Mar 2025 : 19.16
Informasi Tambahan

BUMN: BNI

Kasus: covid-19, ODP, PHK

Bukan PHK, Ini Strategi BNI Tingkatkan Kemampuan Karyawan di Era Digital dan AI

11 Mar 2025 : 19.16 Views 15

Pikiran-Rakyat.com Pikiran-Rakyat.com Jenis Media: Ekonomi

Bukan PHK, Ini Strategi BNI Tingkatkan Kemampuan Karyawan di Era Digital dan AI

PIKIRAN RAKYAT - Tren digital dan kecerdasan buatan (AI) memberikan dampak terhadap dunia perbankan. Berbagai layanan kini bisa dilakukan melalui layanan digital sehingga nasabah tidak perlu lagi datang ke cabang untuk melakukan berbagai transaksi.

Hal ini berimbas pada transaksi yang terjadi di bank. Diungkapkan Direktur Human Capital and Compliance BNI, Mucharom, saat ini transaksi yang dilakukan secara langsung di cabang BNI tidak sampai 1 persen. Apalagi pasca pandemi Covid-19, disebutkan nasabah BNI banyak melakukan transaksi kini secara digital.

"Kalau kita melihat setelah pandemi memang tidak bisa dihindari kalua adanya peningkatkan transaksi secara digitalisasi. Mungkin bisa kita sampaikan, transaksi yang hari ini lewat outlet itu dari keseluruhan transaksi kita itu tinggal 0,19%," ungkap Mucharom saat buka puasa Bersama media di Jakarta, Senin, 10 Maret 2025.

Menurutnya berbagai kemudahan yang dihadirkan BNI makin memudahkan nasabah. Seperti mesin ATM yang kini bisa melakukan berbagai transaksi tidak hanya menarik uang namun juga menabung dan melakukan pergantian ATM.

"Kalau dulu mungkin di cabang wilayah utama kami teller bisa capai 10 orang, kalau sekarang paling satu atau dua. Jumlah transaksi juga per hari dulu bisa 200 transkasi setiap orang, nah kalau sekarang paling banyak mungkin 60-an, jadi sekarang paling frontliner melayani yang sifatnya membutuhkan secara langsung saja," paparnya.

Tingkatkan Kemampuan Karyawan

Melihat tren tersebut, lantas apa yang dilakukan BNI, apakah ada pengurangan jumlah pekerja? Mucharom menyampaikan pihaknya berusaha untuk tidak melakukan pengurangan pekerja, namun justru meningkatkan kemampuan karyawan.

"Jadi kini lakukan upskilling, apa yang kita lakukan pada karyawan dengan lakukan Upskilling? Seperti sekarang ada yang menjadi sales, atau digital assistant. Jadi kita sediakan mesin-mesin yang bisa membantu berbagai kebutuhan nasabah, dan disana akan ada CS (costumer servis) yang akan membantu, seperti ganti kartu, atau yang membutuhkan layanan tersendiri," paparnya.

Ia juga memaparkan saat ini jumlah karyawan BNI mencapai 27.000 orang. Jumlah ini tidak berkurang jauh meski BNI melakukan peningkatan teknologi untuk layanan perbakan.

"Saat ini karyawan kami yang full employment (karyawan tetap) jumlahnya masih sama sekitar 27.000, dan ada juga tenaga kontrak sekitar 15.000, jadi total ada 42.000 orang yang bekerja di BNI. Setiap tahunnya mungkin ada pengurangan karyawan 900-1.000 orang, itu karena pensiun, mengundurkan diri atau alasan lain, dan kami juga lakukan perekrutan dengan jumlah yang sama," jelasnya.

Ia juga menjelaskan di tahun ini BNI merekrut 600 calon karyawan melalui program officer development program (ODP). Jumlah tersebut jadi bagian penambahan karyawan yang akan ditempatkan di kantor-kantor BNI.

Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Sentimen: positif (99.1%)