Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: BSI
Byond by BSI dan ATM BSI Masih Error, Tarik Tunai hingga Transfer Cuma Bisa di Kantor Cabang
Pikiran-Rakyat.com
Jenis Media: Nasional

PIKIRAN RAKYAT - Sudah dua hari berlalu, aplikasi Byond by BSI terpantau masih mengalami gangguan alias error. Sampai Senin 10 Februari 2025 sore, nasabah masih mengeluhkan aplikasi m-banking dan ATM BSI yang masih belum bisa digunakan.
"Halo min, byond BSI sampe kapan ya? Ini dari semalem gunain ga bisa sampe sekarang maintenance mulu," ucap akun @ky**ttttttt*** pukul 17.38 WIB.
"Ya ampun dari kemarin sampai detik ini BSI masih error, plis lah @bankbsi_id aku mau tarik tunai gak bisa mau transfer gak bisa kek mana ini," ujar akun @anisa***6927*** pukul 17.34 WIB.
"@bankbsi_id tolong banget saya dirantauan, kiriman ortu hanya lewat BSI karena gaji mereka juga di BSI. Sekarang saya kehabisan bensin dijalan, tidak bisa ambil cash, kemarin saya gabisa bayar warteg karena gabisa aplikasi m bankingnya, ayolah BSI," kata akun @lea*e4** pukul 17.37 WIB.
"Bsi lu yang bener ajaaaaaaaa @bankbsi_id mau main tenis ampe kapan inihhhh," tutur akun @karo***.
"Asli gue BSI gabisa kirim bukti transfer nj*ng lah, apk byond-nya ngebug dari dulu ampe sekarang ga bener-bener," ujar akun @ceyamo****.
"2 jam lalu mau cek saldo mau transfer gagal terus udah 5x..kartu BSI via mesin ATM bersama gagaaallll," ucap akun @Itee***.
BSI Minta Nasabah Transaksi Lewat Kantor Cabang
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pembaruan (upgrade) sistem untuk meningkatkan kualitas layanan transaksi nasabah. Hal itu merespons keluhan nasabah mengenai gangguan (error) pada aplikasi Byond by BSI.
“Selama proses tersebut, layanan transaksi nasabah melalui e-channel mengalami kendala dan transaksi dapat dilakukan di cabang-cabang,” kata Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar di Jakarta, Senin 10 Februari 2025.
Dia memastikan bahwa data dan dana nasabah tetap dalam kondisi aman. Dia juga meminta agar nasabah tetap mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan bank BSI.
“Pastikan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, termasuk password, PIN, dan OTP, serta tidak membagikannya kepada siapapun, termasuk pegawai BSI,” ujar Wisnu Sunandar.
Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi BSI Call Center melalui nomor 14040 atau mengunjungi kanal resmi www.bankbsi.co.id. Nasabah juga bisa datang secara langsung ke kantor cabang BSI terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Nasabah Ancam Pindah Bank
Bank BSI tampaknya kembali berikan kesan buruk kepada pelanggan. Layanan mobile banking tak bisa diakses menyebabkan kepercayaan nasabah terhadap pelayanan BSI hilang.
Pada Kamis 6 Februari 2025 sore, seluruh ATM tidak berfungsi sebagaimana mestinya, begitu juga dengan mobile banking yang tidak bisa diakses. Kini BSI dengan sistem yang kacau menyusahkan nasabah di saat era digital ini.
Lidya, nasabah yang hanya memiliki tabungan di BSI mulai melirik bank lainnya yang ada di Aceh.
“Kalau begini terus saya pakai bank lain saja,” ucapnya, Minggu 9 Februari 2025.
“Kalau memang tidak bisa mengoptimalkan layanan hengkang saja dari Aceh. Rakyat Aceh sudah percayakan BSI sebagai bank yang layak digunaka, namun BSI mendustai itu,” kata Lidya menambahkan.
Harapannya, Pemerintah Aceh harus tegas terhadap BSI dalam memberikn pelayanannya. kalau memang BSI tidak bida memberikan pelayanan terbaik, beri kesempatan bank lain untuk beroperasi di Aceh.***
Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News
Sentimen: positif (49.2%)