Sentimen
Positif (99%)
23 Jan 2025 : 00.43
Tokoh Terkait
Faisol Riza

Faisol Riza

Begini ?Cara Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Marketplace

23 Jan 2025 : 00.43 Views 26

Medcom.id Medcom.id Jenis Media: Ekonomi

Begini ?Cara Meningkatkan Penjualan Produk Lokal di Marketplace

Jakarta: Penjualan produk-produk dalam negeri tengah didorong agar menjadi prioritas para penyedia loka pasar (marketplace) di Indonesia.
 
Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza mengatakan saat ini penjualan di marketplace masih didominasi oleh produk impor.
 
Fenomena itu disebabkan oleh visibilitas produk dalam negeri di berbagai platform kerap kali kalah bersaing dari produk impor sejenis dengan harga yang lebih murah.

Untuk meningkatkan penjualan produk dalam negeri, ia pun meminta seluruh marketplace untuk meningkatkan kampanye produk-produk dalam negeri, sehingga memberikan peluang bagi konsumen untuk melirik produk lokal hasil produksi industri kecil menengah (IKM) dibandingkan produk impor.
 
"Produk lokal kita kualitasnya tidak kalah dari produk-produk impor. Karena itu marketplace perlu membantu tim untuk memeriksa setiap produk yang dijual oleh tenant," kata Faisol ketika berkunjung ke kantor pusat Tokopedia, di Jakarta, pada Rabu, 22 Januari 2025.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Dalam Negeri di Marketplace Faisol menyebutkan beberapa cara yang bisa mendongkrak penjualan produk dalam negeri di marketplace diantaranya:

1. Pemberian label "Made in Indonesia"

Salah satu upaya yang bisa dilakukan marketplace untuk mendongkrak penjualan produk-produk dalam negeri ialah dengan menyertakan identitas khusus ‘Made in Indonesia’ di setiap produk lokal, sehingga mudah dikenali oleh pengguna.

2. Marketplace memberi pendampingan kepada IKM

Selain itu, marketplace didorong terus aktif memberikan pendampingan strategi pemasaran dan branding kepada IKM agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu diterima oleh masyarakat.
 
"Marketplace perlu mendampingi produsen produk dalam negeri supaya lebih berkualitas dan harganya lebih kompetitif," ujar Faisol

3. Mengutamakan produk dalam negeri saat Harbolnas

Begitu juga dengan event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sebagai bentuk ikhtiar pemerintah untuk mendorong masyarakat berbelanja daring melalui marketplace secara masif, menurut Faisol, harus tetap dipastikan untuk mengutamakan produk dalam negeri.
 
Dia optimistis, marketplace punya peran strategis untuk menjadi katalisator dalam memperluas jangkauan produk-produk dalam negeri kepada konsumen domestik bahkan dunia.
 
Seperti diketahui, laporan e-CONOMY SEA 2024 menyebutkan, tahun lalu Indonesia mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) total USD90 miliar atau Rp1.420 triliun dari transaksi jual beli digital, dan USD65 miliar di antaranya berasal dari marketplace. Angka ini diperkirakan bertumbuh hingga USD200-USD360 miliar pada 2030.
 
"Karena itu, marketplace harus menjadi etalase utama produk-produk unggulan dalam negeri," imbuh Faisol.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(ANN)

Sentimen: positif (99.6%)