Sentimen
Undefined (0%)
11 Jan 2025 : 15.05

Stop! Jangan Pernah Ceritakan 5 Hal Ini pada Teman Kerja Anda

11 Jan 2025 : 15.05 Views 15

Espos.id Espos.id Jenis Media: Lifestyle

Stop! Jangan Pernah Ceritakan 5 Hal Ini pada Teman Kerja Anda

Esposin, JAKARTA--Relasi dengan rekan kerja menjadi salah satu aspek penting dalam dunia profesional. Ketika hubungan ini berjalan baik, suasana kerja menjadi nyaman dan produktivitas meningkat.

Namun, dinamika di tempat kerja bisa menjadi tantangan tersendiri karena melibatkan berbagai karakter dan latar belakang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda pandai memilah dan memilih teman di tempat kerja agar tidak berdampak buruk pada pribadi dan karier Anda.  

Membagikan informasi pribadi secara berlebihan akan menimbulkan konsekuensi yang lebih besar kemungkinannya untuk disalahartikan atau bahkan disalahgunakan dibandingkan hal lainnya. Simak 5 hal yang sebaiknya jangan pernah Anda ceritakan pada teman kerja: 

1. Masalah Kesehatan

Anda mungkin tergoda untuk mengungkapkan informasi kesehatan secara luas untuk menjelaskan cuti atau hilangnya produktivitas, namun pada kenyataannya, hal ini sebaiknya dihindari dalam banyak kasus karena cenderung mudah menimbulkan simpati, kepentingan yang mendesak, atau bahkan diskriminasi di kalangan pekerja.

Ungkapkan hanya apa yang Anda perlukan tentang masalah tersebut untuk didiskusikan dengan manajer Anda; kemudian buatlah rencana penyesuaian dengan sumber daya manusia jika Anda memerlukan suatu bentuk akomodasi atau modifikasi untuk suatu pekerjaan, namun jangan jelaskan mengapa Anda memerlukan akomodasi atau modifikasi tersebut.  

2. Pendapat Negatif tentang Rekan Kerja atau Manajemen

Menjelek-jelekkan atau bergosip terhadap rekan kerja dan/atau manajemen dapat meracuni hubungan kerja. Anda benar dalam mengkritik berbagai hal, namun ucapan tersebut mungkin menimbulkan masalah dalam memercayai kepemimpinan Anda.

Sekalipun Anda merasa pandangan Anda benar, mengungkapkannya dapat menimbulkan masalah kepercayaan dan merusak reputasi Anda. Hindari menyuarakan pandangan atau mendiskusikannya secara konstruktif dengan mentor atau HR terpercaya jika diperlukan. Mempertahankan sikap positif dan hormat membantu membina tempat kerja yang kolaboratif dan suportif.

3. Keyakinan Politik dan Agama

Anda mungkin mempertimbangkan apa yang Anda yakini dengan sungguh-sungguh, namun orang-orang di tempat kerja mungkin memiliki pandangan tentang politik dan agama yang berbeda, dan ini dapat menjadi penyebab perselisihan atau ketegangan di antara mereka. 

Jika Anda ingin menjaga tempat kerja Anda tetap damai dan integratif, hindari mendiskusikan isu-isu yang dimaksudkan untuk memecah belah anggota Anda di sana. Fokus pada isu-isu umum yang menjadi kepentingan profesional.

4. Masalah Keuangan

Jaga kerahasiaan situasi keuangan Anda dan jangan pernah membicarakannya dengan rekan kerja. Gaji, hutang, atau investasi Anda sering kali menimbulkan stres dan persaingan yang tidak perlu di kantor. Mereka juga dapat mempengaruhi orang lain untuk membuat penilaian yang tidak pantas mengenai gaya hidup atau kemampuan Anda dalam menangani keuangan. 

5. Rencana Pekerjaan di Masa Depan

Sebaiknya jaga kerahasiaan rencana pekerjaan Anda di masa depan sampai Anda siap membuat pengumuman resmi. Menyampaikan niat Anda untuk meninggalkan perusahaan atau mencari peluang lain dapat menciptakan ketidakpastian dan berdampak negatif pada peran Anda saat ini.

Hal itujuga dapat memengaruhi cara manajemen dan kolega memandang dan memperlakukan Anda. Menjaga kerahasiaan rencana pekerjaan Anda memastikan bahwa Anda tetap mengendalikan jalur karier Anda dan menjaga stabilitas hingga Anda siap untuk transisi. 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "5 Hal yang Jangan Pernah Anda Ceritakan pada Teman Kerja.

Sentimen: neutral (0%)