Sentimen
Informasi Tambahan
BUMN: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Kab/Kota: Demak, Karanganyar, Solo
Tokoh Terkait
Tunjukkan Komitmen Keberlanjutan, Telkom Hadirkan Program GoZero%
Espos.id
Jenis Media: Bisnis

Esposin, KARANGANYAR--Bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia, Jumat (10/1/2025), Telkom Indonesia menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui program Environmental, Social, and Governance (ESG) brand bertajuk "GoZerox Sustainability Action by Telkom Indonesia".
Salah satu Implementasi nyata dari program GoZero Telkom adalah penanaman 10.000 bibit mangrove di Kawasan Pantai Glagah Wangi Istambul, Demak, Jawa Tengah, sebagai upaya mengatasi krisis iklim.
Kegiatan tersebut mencerminkan semangat Telkom dalam melakukan aksi nyata untuk mencapai target "zero" dalam segala hal yang berpotensi merugikan, sesuai dengan tiga fokus utama dalam ESG.
Melalui program GoZero, Telkom Indonesia berharap dapat menjadi pelopor dalam mendukung keberlanjutan lingkungan hidup di Indonesia. Hari Lingkungan Hidup Indonesia menjadi momentum bagi Telkom untuk mempertegas komitmennya dalam menjaga lingkungan dan mewujudkan masa depan yang berkelanjutan.
Di sisi lain, sebagai perusahaan pendorong transformasi digital yang berkelanjutan, PT Telkom tidak hanya berfokus pada profitabilitas perusahaan.
Telkom juga berperan dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan yang diwujudkan melalui penerapan prinsip- prinsip keberlanjutan atau ESG. Ketiga prinsip itu fokus pada tiga pilar, yakni Environmental, Social, and Governance.
GoZero%-Sustainability Action by Telkom Indonesia hadir sebagai pembaruan dari ESG brand sebelumnya, yakni EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia).
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan ESG brand baru tersebut bukan sekadar simbol. ESG brand baru itu juga merupakan tekad Telkom Group untuk mewujudkan aksi perubahan berkelanjutan yang diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat luas.
"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama Telkom secara aktif membuat berbagai inisiatif demi memperbaiki lingkungan kita, karena tentunya upaya ini tidak bisa kita lakukan sendirian," jelas dia dalam rilis, Jumat (10/1/2025).
Dia menyebut GoZero berfokus pada tiga program utama yang meliputi pilar Environmental, Social, dan Governance. Pada pilar Environmental, Telkom berkomitmen untuk mereduksi emisi karbon yang sejalan dengan target pemerintah, net-zero emission, pada tahun 2060.
Hal itu dapat terwujud melalui berbagai inisiatif, seperti pemanfaatan energi terbarukan, efisiensi energi, pengembangan green data center, pengolahan sampah, baik sampah elektronik (refurbish perangkat) maupun sampah dari kantor operasional.
Pada pilar Social, Telkom memastikan kesetaraan dalam berbagai aspek. Di antaranya untuk karyawan, pelanggan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Salah satunya melalui Digital Inclusion, di mana Telkom senantiasa mewujudkan akses komunikasi yang setara bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk daerah terpencil.
Langkah itu guna mendukung pemerataan akses digital untuk informasi dan pendidikan serta peluang ekonomi yang adil bagi semua.
Sedangkan di pilar Governance, Telkom menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) untuk mencegah pelanggaran pada seluruh aktivitas perusahaan melalui sistem pengawasan yang kuat.
Serta memastikan integritas dan transparansi di seluruh kegiatan perusahaan, menjaga kepercayaan publik, dan kepatuhan terhadap standar etika.
SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza, menambahkan keberlanjutan menjadi kunci dalam membangun masa depan yang lebih baik.
"Dengan diluncurkannya GoZero%, Telkom menunjukkan langkah konkret dalam mengintegrasikan prinsip ESG ke dalam setiap proses bisnis perusahaan. Kami yakin GoZero% dapat menumbuhkan kesadaran serta mendorong seluruh stakeholders Telkom agar bersama- sama menuju bisnis yang berkelanjutan untuk menciptakan dampak positif terhadap bisnis, lingkungan, dan masyarakat," kata dia.
PT Telkom juga menerapkan strategi Five Bold Moves untuk memperkuat posisinya sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang menciptakan nilai lebih tinggi bagi para pemangku kepentingan perusahaan, serta memaksimalkan peluang, meningkatkan daya saing, dan value creation dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Saat ini, Telkom mengembangkan strategi Five Bold Moves, untuk membangun keunggulan kompetitif di tiga pilar bisnis digital Telkom, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services.
Implementasi Five Bold Moves di antaranya sebagai berikut:
1. Konvergensi Seluler Tetap (FMC)
Integrasi layanan fixed dan mobile dengan mengoptimalkan Intereoperabilitas yang memungkinkan pelanggan untuk beralih tanpa hambatan terlepas dari lokasi serta perangkat untuk menciptakan Wi-Fi yang tidak dapat dipecahkan. Konvergensi fixed-mobile dirancang untuk memperkuat penetrasi pasar dan mengoptimalkan efisiensi biaya.
2. Infrastruktur
Infrastruktur telekomunikasi yang telah terkonsolidasi untuk berbagi jaringan guna membuka nilai serta potensi bisnis pelanggan melalui pemakalan aset yang optimal, konektivitas hemat biaya, dan percepatan penetrasi pasar.
3. Pusat Data Co (DC Co)
Data center yang luas sebagai pemimpin dalam bisnis data untuk memenuhi kebutuhan data center. Dengan kolaborasi hyper-scaler dan teknologi yang besar.
4. Perusahaan Layanan TI Digital B2B
Layanan IT Digital B2B terlengkap untuk membangun serta mengembangkan bisnis pelanggan. Langkah ini dirancang untuk meningkatkan daya saing layanan TI B2B melalui kemitraan dengan berbagai perusahaan teknologi.
5. DigiCo
Pengembangan layanan digital yang berfokus pada segmen B2B dan B2C untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas sehingga dapat mendorong potensi sumber pendapatan baru bagi perusahaan dengan cara mengambil keuntungan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
Pada pilar digital connectivity, Telkom mencanangkan inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC), dan InfraCo. Kemudian, pada pilar bisnis digital platform terdapat inisiatif Data Center Co dan B2B Digital IT Service Co. Sedangkan pilar bisnis digital services ada inisiatif DigiCo.
AVP External Communication PT Telkom Tbk., Sabri Rasyid, di sela-sela Media Gathering bersama jurnalis di Solo, di Colomadu, Karanganyar, Jumat (10/1/2025), menyampaikan optimisme Telkom ke depan terkait prospek usaha.
"Kami percaya, di masa depan Telkom akan tetap memiliki prospek usaha dan pertumbuhan yang baik, seiring tiga pilar bisnis [digital connectivity, digital platform dan digital services] yang semakin relevan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen," jelas dia.
Sentimen: neutral (0%)