Sentimen
Positif (94%)
23 Des 2024 : 00.02
Informasi Tambahan

Institusi: UNPAD

Kasus: covid-19

Kenalan Dengan Klara Tania: Konten Kreator yang Sukses Beli Rumah Berkat Berbagi Rekomendasi Produk Shopee Lewat Program YouTube Shopping Affiliates

23 Des 2024 : 00.02 Views 31

Krjogja.com Krjogja.com Jenis Media: News

Kenalan Dengan Klara Tania: Konten Kreator yang Sukses Beli Rumah Berkat Berbagi Rekomendasi Produk Shopee Lewat Program YouTube Shopping Affiliates


KRjogja.com - JAKARTA - Profesi konten kreator kian menjadi pilihan yang menjanjikan di era digital, tak hanya sekadar hobi, konten kreator terbukti bisa menjadi sumber pendapatan utama. Menurut laporan Digital 2024: Indonesia oleh We are Social, lebih dari 185 juta orang Indonesia atau 66% total populasi di Indonesia telah terhubung dengan internet.

Data tersebut menunjukkan besarnya potensi Indonesia sebagai pasar bagi industri konten kreator, dan salah satu konten kreator yang berhasil mencapai kesuksesan di industri ini adalah Klara Tania.

Sebagai salah satu YouTuber, Klara mengatakan pendapatan YouTube-nya meningkat drastis sejak mengikuti YouTube Shopping Affiliates, program kerja sama YouTube dan Shopee yang baru diluncurkan di September 2024. Sejak menjadi seorang YouTuber, dia mengaku banyak cita-citanya yang bisa tergapai.

Klara mengatakan, “Aku bersyukur YouTube betul-betul mengubah hidupku. Aku bisa mendapat berbagai kerja sama dengan brand, traveling ke tempat yang aku inginkan, bahkan mewujudkan impianku membeli rumah."

Sukses Bangkit Setelah Dihantam Pandemi

Perjalanan Klara menjadi konten kreator dimulai dari situasi yang penuh tantangan. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran ini sebelumnya memiliki bisnis online di bidang florist dan produk custom yang ia mulai saat kuliah. Namun, pandemi COVID-19 memaksanya menutup bisnis tersebut.

"Karena acara graduation, lamaran, dan event offline lainnya dilarang untuk diadakan, jadi pesanan bunga hampir tidak ada," ungkap Klara.

Saat menganggur, Klara banyak menghabiskan waktu menonton video pendek di rumah. Berangkat dari kebosanannya, ia pun mulai memberanikan diri membuat konten.

Awalnya, Klara membuat video cerita horor dan review film. Hanya dalam tiga hari, salah satu videonya berhasil meraih 5 juta views dan menggaet lebih dari 40 ribu pengikut.

"Setelahnya, aku putuskan untuk betul-betul tekun membuat video, setiap hari posting 1-3 video pendek. Banyak pengikutku yang request agar aku bikin video lebih panjang di YouTube. Akhirnya, Juni 2021 aku mulai aktif di YouTube dengan berbagai konten seperti tutorial, unboxing, vlog, dan cerita horor," jelas Klara.

Setelah tiga tahun konsisten menghasilkan berbagai konten berkualitas, Klara pun sukses mendapatkan 21 juta subscribers dan ‘Diamond Play Button’ yang merupakan salah satu pencapaian tertinggi bagi konten kreator di YouTube.

“Komunitas YouTube juga membantu aku mengenal banyak konten kreator lainnya, sampai aku akhirnya mempunyai sahabat-sahabat sesama konten kreator yang saling mendukung dan juga bisa melakukan berbagai video kolaborasi,” tutur Klara.

YouTube Shopping Affiliates: Cara Baru Kreator Raih Cuan Dari Konten

Klara pun mengakui kesuksesannya sekarang ini tidak lepas dari program YouTube Shopping Affiliates. Program ini memungkinkannya untuk menambahkan keranjang berisi sejumlah produk dari Shopee di video-videonya. Klara memanfaatkan kesempatan ini untuk menghubungkan penontonnya dengan produk-produk yang diulas dengan lebih mudah dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

"Sebelum bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates, sebetulnya aku sudah sering membuat review produk seperti barang-barang lucu atau barang yang aku suka, sering juga dapat komentar penonton yang minta spill barangnya beli di mana. Makanya, begitu aku tahu tentang program ini, aku langsung bergabung dan menambahkan keranjang di video lama dan buat video baru. Serunya, penambahan keranjang produk di video lama pun masih tetap bisa menghasilkan pendapatan. Banyak juga yang beli produk dari keranjangku," jelas Klara.

Sentimen: positif (94.1%)