Sentimen
Negatif (65%)
10 Nov 2022 : 18.44
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Semarang, Yogyakarta

Tokoh Terkait

Sejarah Jakarta: Cara Hindia Belanda Atasi Kesemerawutan Transportasi Lewat Trem

10 Nov 2022 : 18.44 Views 69

Tribunnews.com Tribunnews.com Jenis Media: Metropolitan

Sejarah Jakarta: Cara Hindia Belanda Atasi Kesemerawutan Transportasi Lewat Trem


WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Belakangan pembangunan MRT fase 2 kembali digegerkan dengan penemuan jalur trem bekas era Hindia Belanda. Transportasi trem memang sangat erat dengan sejarah Jakarta.

Selama di era Hindia Belanda, Sejarah Trem silih berganti dari masa ke masa.

Transportasi trem dibangun oleh Hindia Belanda yang saat itu menguasai Batavia lantaran terdorong dengan industrialisasi yang semakin menggeliat di Hindia Belanda.

Berkembangnya industri terutama perkebunan membuat pemodal swasta mendesak pemerintah Hindia Belanda untuk merealisasikan pembangunan jalur kereta api untuk mengangkut hasil perkebunan.

Tahun 1862, pemerintah Hindia Belanda merealisasikannya yang ditandai pembukaan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa yaitu Jalur Semarang-Vorstenlanden yang dikelola oleh NISM.

Dikutip dari jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, pembangunan jalur kereta api merupakan tahapan penting bagi perkembangan transportasi di Hindia Belanda.

Pasalnya pembukaan jalur kereta api pertama kali yang dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda menyebabkan transportasi berkembang pesat.

Batavia yang pada waktu itu dijadikan pusat perekonomian dan perdagangan kemudian memerlukan alat transportasi yang efektif, efisien, cepat, dan murah. Merespon hal tersebut pemerintah Hindia.

Pada sejarah trem di Jakarta, Belanda membangun jaringan trem yang merupakan alat transportasi kota jarak dekat dengan harapan lebih efektif dan efisien untuk mengangkut penumpang.

Trem merupakan kendaraan rel untuk angkutan perkotaan yang terdiri dari satu kereta atau lebih yang memiliki jalur trem yang berbaur dengan jalan raya.

Trem digunakan ketika perjalanan lebih dekat dan hanya untuk mengangkut penumpang

Pada tahun 1869 dibuka jalur trem kuda yang dikelola oleh Bataviasche Tramweg Maatschappij (BTM) dan bergerak dari Oud Batavia sampai Weltevreden.

Pada tahun 1881 muncul trem uap yang dikelola oleh Nederland Indische Tramweg Maatschappij (NITM) dengan rute yang Oud Batavia-Meester Cornelis.

Pada tahun 1897 trem uap bersaing dengan trem listrik di bawah perusahaan Batavia Elektrische Tramweg Maatschappij (BETM) dengan rute berbeda dan menambah jalur trem yang ada di Batavia.

Sentimen: negatif (65.3%)