Sentimen
Positif (94%)
28 Sep 2024 : 07.30
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Senayan

Gelar Pameran Cerita Nusantara, Kemenkop UKM Targetkan Transaksi Rp 10 Miliar dalam 3 Hari

28 Sep 2024 : 07.30 Views 4

Beritasatu.com Beritasatu.com Jenis Media: Ekonomi

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menggelar Pameran Cerita Nusantara pada 27-29 September 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah menyebutkan penyelenggaraan di tahun kedua ini menargetkan transaksi hingga Rp10 miliar selama tiga hari.

"Target kami selama tiga hari adalah mendatangkan lebih dari 10 ribu pengunjung dan mencatatkan transaksi sekitar Rp10 miliar," ungkap Siti Azizah di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2024).

Siti menjelaskan Pameran Cerita Nusantara menjadi platform yang ideal bagi UMKM dan konsumen untuk bertransaksi di satu lokasi. Ia berharap, acara ini dapat terus berkembang dan menjadi agenda tahunan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Pengunjung tidak perlu mengunjungi berbagai daerah, cukup datang ke sini dan menemukan produk-produk lokal berkualitas. Kami menghadirkan produk wastra, kriya, fashion, wellness, beauty, hingga kuliner, sehingga keunikan inilah yang ditawarkan pameran ini,” kata Siti.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap UMKM, penyelenggara menyediakan tenda secara gratis bagi pelaku UMKM. Langkah ini diambil untuk membantu UMKM yang terdampak oleh menurunnya daya beli masyarakat.

Ada sekitar 211 produk UMKM yang dipamerkan dalam acara ini, namun sebelumnya, produk-produk tersebut telah melalui proses kurasi oleh Kemenkop UKM.

"UMKM hanya perlu mendesain booth mereka sendiri, karena kami sudah menyediakan tempatnya secara gratis bagi mereka yang lolos kurasi," jelas Siti.

Selain itu, Siti juga mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi UMKM, terutama dalam meningkatkan kualitas produk untuk menembus pasar ekspor. Pendampingan juga diperlukan untuk membantu pengusaha UMKM memahami target pasar yang sesuai.

"Untuk produk wastra dan kriya, kami berfokus pada peningkatan kualitas selama dua tahun pertama agar siap ekspor. UMKM juga perlu memahami pasar global dan menyesuaikan produk mereka sesuai permintaan internasional," tambahnya.

Sentimen: positif (94.1%)