Imigrasi Berupaya Pulihkan Layanan Pakai "Back Up" PDN Kominfo di Batam
Kompas.com
Jenis Media: Nasional
/data/photo/2024/05/15/664483e194d10.jpg)
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Silmy Karim menyatakan pihaknya sedang berupaya memulihkan aplikasi agar layanan Imigrasi bisa kembali normal.
Keimigrasian menjadi salah satu layanan publik yang terdampak gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Silmy dalam keterangan resminya, Kamis (20/06/2024).
Baca juga: Sistem PDN Kominfo Gangguan, Semua Layanan Imigrasi Terdampak
Silmy mengatakan, saat ini tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan mengalami kendala.
Meski demikian, kata Silmy, masyarakat yang hendak melintas ke luar negeri maupun masuk ke dalam negeri tetap dilayani petugas Imigrasi.
Pelayanan diupayakan berjalan semaksimal mungkin agar mereka bisa berangkat sesuai jadwal penerbangan.
Silmy juga meminta masyarakat yang hendak bepergian ke luar negeri bisa datang lebih awal guna mengantisipasi proses pemeriksaan yang lebih lambat dibanding biasanya.
“Bisa tetap melintas tapi perlu waktu karena manual,” kata Silmy.
“Jadi disarankan untuk datang lebih awal bagi penumpang pesawat yang akan terbang,” tambahnya.
Baca juga: Terdampak Gangguan PDN, Dirjen Imigrasi Minta Warga yang ke Luar Negeri Datangi Bandara Lebih Awal
Sementara itu, layanan keimigrasian seperti pembuatan paspor tetap dilayani seperti biasa.
Masyarakat tetap datang ke kantor Imigrasi untuk melakukan wawancara dan pengambilan data biometrik.
Meski demikian, Imigrasi belum bisa melayani pembuatan paspor yang terbit satu hari jadi.
“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” tutur Silmy.
Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengungkapkan semua layanan Imigrasi terdampak gangguan PDN.
Gangguan layanan itu sebelumnya dikeluhkan masyarakat di media sosial.
"Saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” tulis Ditjen Imigrasi melalui akun Instagram resmi mereka, Kamis.
Baca juga: Menkominfo Janji Pulihkan Layanan Publik Terdampak Gangguan Pusat Data Nasional Secepatnya
Adapun sistem PDN tidak hanya digunakan oleh Ditjen Imigrasi. Sistem tersebut juga digunakan banyak kementerian/lembaga lainnya.
Merujuk pada sistem resmi Kemenkominfo, PDN menjadi fasilitas untuk sistem elektronik dan komponen lain guna menyimpan, menempatkan, mengolah, dan memulihkan data.
PDN juga pernah menjadi sorotan ketika terjadi kasus dugaan kebocoran 34 juta data paspor Indonesia yang diperjualbelikan di situs online pada 2023 lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Sentimen: positif (79.8%)