Sentimen
Positif (66%)
3 Mei 2024 : 03.34
Informasi Tambahan

Kasus: HAM

Partai Terkait
Tokoh Terkait
Mokhammad Najih

Mokhammad Najih

Ombudsman Terima 3.363 Laporan Masyarakat, Paling Banyak Diadukan Kemendikbudristek

3 Mei 2024 : 03.34 Views 11

iNews.id iNews.id Jenis Media: Nasional

Ombudsman Terima 3.363 Laporan Masyarakat, Paling Banyak Diadukan Kemendikbudristek

JAKARTA, iNews.id - Ombudsman RI menerima sebanyak 3.363 laporan masyarakat pada periode 2021- 2024. Paling banyak yang dilaporkan masyarakat yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Ada lima kementerian/lembaga yang paling dilaporkan adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebanyak 237 laporan, kemudian BKN sebanyak 49 laporan, KASN sebanyak 45 laporan, Kementerian Kesehatan sebanyak 13 laporan, dan Kementerian PAN-RB sebanyak 7 laporan," kata Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih di Auditorium Gedung Ombudsman RI Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga

Amnesty International Rilis Laporan HAM 2024, Sebut Israel dan AS

Selain itu, Ombudsman RI menerima laporan masyarakat isu kepegawaian sebanyak 680 laporan. Lalu empat kantor perwakilan yang paling banyak menerima laporan masyarakat yakni Papua Barat sebanyak 275 laporan, Jambi sebanyak 249 laporan, Kalimantan Tengah sebanyak 137 laporan, dan Sumatera Utara sebanyak 134 laporan.

Adapun pokok masalah yang paling banyak dilaporkan ke Ombudsman RI, yakni terkait seleksi CASN, hak kepegawaian dan disiplin pegawai. Laporan terkait seleksi CASN sebanyak 1.138 laporan.

Baca Juga

Airnav Terima 24 Laporan Gangguan Penerbangan Akibat Balon Udara selama Musim Mudik

"Laporan yang diadukan berkaitan dengan seleksi CPNS adalah berkaitan dengan linieritas pendidikan dan verifikasi administratif. Sementara laporan yang berkaitan dengan seleksi CP3K adalah berkaitan dengan jenis formasi dan transparansi proses seleksi," jelasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Sentimen: positif (66.7%)