Sentimen
Informasi Tambahan
Event: Hari Sumpah Pemuda
Kab/Kota: bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta
Tokoh Terkait
Minuman Takjil Diburu Saat Ramadan 2024, Tokopedia NYAMpireun Siapkan UMKM Jaga Penjualan Pasca-Lebaran
Ayobandung.com
Jenis Media: Nasional

AYOBANDUNG- Industri makanan dan minuman diprediksi akan tumbuh sebesar 7% pada tahun 2024 menurut Kementerian Perindustrian RI. Untuk membantu mendorong tercapainya potensi dari industri makanan dan minuman, Tokopedia terus mendukung para pegiat usaha lokal di industri makanan dan minuman (makmin), termasuk dari UMKM Bandung dan Jawa Barat, lewat berbagai kampanye dan inisiatifnya, salah satunya Tokopedia NYAM!.
Mengutip data Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bandung, terdapat 10.181 UMKM di Kota Bandung dimana 40,9%-nya didominasi oleh UMKM kuliner. “Peran dari seluruh pihak sangat penting agar UMKM makanan dan minuman, termasuk di Bandung dan Jawa Barat, bisa memiliki kapasitas dan daya saing yang lebih tinggi. Hal ini mendorong Tokopedia untuk kembali mengadakan Tokopedia NYAMpireun, ajang kumpul dan berbagi wawasan bagi UMKM makanan dan minuman di Bandung," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Ajang kumpul Tokopedia NYAMpireun digelar dengan topik pembahasan seputar kiat menjaga penjualan pasca-Ramadan bagi UMKM makanan dan minuman serta tips berinovasi dengan menghadirkan menu minuman varian baru untuk meningkatkan penjualan UMKM Bandung dan sekitarnya.
Baca Juga: Jelang Hari Sumpah Pemuda, Tokopedia Bagi Kisah Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi Indonesia
“Tahun ini merupakan tahun ke-dua kami mengadakan Tokopedia NYAMpireun di Bandung. Kegiatan ini menjadi ajang berkumpul dan wadah para pelaku usaha makanan dan minuman di Tokopedia dan TikTok, khususnya di Bandung dan Jawa Barat, untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan pengetahuan baru seputar mengembangkan usaha dari para ahlinya yaitu Chef Ronny Gunawan dan Coffee Professional and Indonesian Barista Champion, Mikael Jasin,” jelas Rizky.
"Adaptasi bisnis sangat penting bagi pelaku UMKM makanan dan minuman untuk merespons perubahan yang terus terjadi, terutama di dunia bisnis kuliner pasca-Ramadan nanti. UMKM lokal akan selalu dituntut untuk berinovasi, mulai dari memahami profil konsumen dan pasar yang ingin disasar, mengutamakan kreativitas saat menghadirkan menu baru dan memiliki ciri khas branding yang unik. Strategi omnichannel juga penting bagi UMKM, misalnya memiliki toko offline dan didukung dengan penjualan online lewat Tokopedia,” ungkap Chef Ronny Gunawan.
Coffee Professional and Indonesian Barista Champion, Mikael Jasin pun menambahkan, "Mengingat masyarakat akan cenderung mengurangi pengeluaran setelah Lebaran, para pelaku UMKM di industri makanan dan minuman perlu mencari ide baru untuk berkreasi dengan menu minuman yang relevan. Misalnya, minuman yang sehat, plant-based atau berbasis nabati, dan innovative drink atau minuman yang unik berpotensi trending setelah Lebaran sehingga ada peluang besar yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk dijual lewat Tokopedia."
Tren belanja online minuman dingin untuk buka puasa, penjualan es cendol di Kota Bandung naik lebih dari 6 kali lipat lewat Tokopedia Tokopedia mencatat subkategori Minuman menjadi salah satu produk yang paling laris di kategori Makanan dan Minuman, khususnya selama awal bulan Ramadan 2024.
Tokopedia pun mencatat berbagai minuman dingin sebagai takjil buka puasa mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama awal bulan Ramadan 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di bulan sebelumnya. “Misalnya, jus buah secara nasional mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia hingga lebih dari 1,5 kali lipat di awal bulan Ramadan 2024. Sedangkan untuk di Jawa Barat, penjualan jus buah juga naik lebih dari 4 kali lipat dan di Kota Bandung sendiri penjualan jus buah naik lebih 3,5 kali lipat," jelas Rizky.
“Ada pula, es cendol, salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat, yang turut mengalami kenaikan hampir 3 kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia saat awal bulan Ramadan 2024. Bahkan penjualan es cendol di Jawa Barat juga naik hampir 3 lipat di Jawa Barat dan naik 6 kali lipat khususnya di Kota Bandung,” tambah Rizky.
Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa seperti es kopyor, meningkat lebih dari 3 kali lipat secara keseluruhan di Tokopedia. Sedangkan di Jawa Barat, penjualan es kopyor melonjak 4 kali lipat dan di Kota Bandung sendiri mengalami kenaikan lebih dari 2 kali lipat.**
"Kolak pisang juga sangat populer untuk dijadikan menu takjil di bulan Ramadan. Selama awal bulan Ramadan 2024, penjualan kolak pisang secara nasional di Tokopedia mengalami lonjakan hingga 21 kali lipat. Di Jawa Barat sendiri, penjualan kolak pisang pun mencapai 29 kali lipat," ujar Rizky.
Berbagai inisiatif Tokopedia untuk mendukung UMKM Bandung menjadi pilihan utama masyarakat
Selain Tokopedia NYAM! dan Tokopedia NYAMpireun, Tokopedia menghadirkan berbagai kampanye lain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari para pelaku usaha lokal, terutama saat Ramadan. Mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual dari lokasi pembeli serta Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk makanan dan minuman kemasan di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.
Rizky menambahkan, “Selain berbagai inisiatif yang telah dihadirkan Tokopedia, ada pula kampanye Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok, yang merupakan panggung khusus untuk brand lokal, termasuk di kategori makanan dan minuman agar bisa semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.”
Tokopedia juga memiliki berbagai inisiatif untuk membantu meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM makanan dan minuman. Contohnya, Tokopedia rutin mengadakan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan digital khusus untuk perempuan pelaku usaha lokal lewat Kelas Perempuan Maju Digital yang dilaksanakan Tokopedia. "Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali," jelas Rizky.
Selain itu, para penjual Tokopedia dapat berbagi informasi dan wawasan berkaitan berjualan online dengan bergabung Komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top). Tokopedia juga menyediakan kurikulum #SIAPRAMADAN 2024, yang terdiri dari banyak webinar dan materi edukasi di Pusat Edukasi Seller untuk membantu penjual mempersiapkan strategi penjualan saat Ramadan dan pasca-Ramadan.
Sentimen: positif (100%)