Sentimen
Negatif (66%)
4 Nov 2022 : 06.09
Informasi Tambahan

Kab/Kota: Pontianak, Kepulauan Seribu

Kasus: kecelakaan

Berselang Hampir 2 Tahun, Investigasi Jatuhnya Sriwijaya Air Terungkap

4 Nov 2022 : 06.09 Views 10

Detik.com Detik.com Jenis Media: News

Berselang Hampir 2 Tahun, Investigasi Jatuhnya Sriwijaya Air Terungkap

Jakarta -

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sampaikan hasil investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 dalam rapat bersama Komisi V DPR RI. Setidaknya ada enam penyebab kecelakaan yang disimpulkan berdasarkan hasil investigasi.

Rapat tersebut dihadiri Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, dan Dirut Sriwijaya Air Anthony Raimond Tampubolon.

"Dari investigasi ini kami KNKT menyimpulkan bahwa, pertama, tahapan perbaikan sistem auto-throttle belum mencapai bagian mekanikal. Yang kedua, karena thrust lever kanan tidak mundur seusai permintaan autopilot karena hambatan pada sistem mekanikal dan thrust lever kiri mengkompensasi dengan terus bergerak mundur sehingga terjadi asimetri," kata Nurcahyo menjelaskan.

-

-

"Setelah terjadi asimetri, harusnya CTSM bisa menonaktifkan auto-throttle. Namun demikian, terjadi keterlambatan CTSM pada auto-throttle sehingga asimetri menjadi terlebih dan pesawat menjadi belok ke kiri. Terlebih keterlambatan CTSM ini kami yakini karena informasi sudut dari flight spoiler lebih rendah dari yang sesungguhnya sehingga aktivasinya terlambat," lebih lanjut Nurcahyo menerangkan.

Pada kesimpulannya, kecelakaan itu sebagian besar terjadi karena belum adanya aturan panduan mengenai upset prevention and recovery training (UPRT) yang mempengaruhi proses pelatihan oleh maskapai terhadap pilot.

"Kesimpulan terakhir karena belum adanya aturan panduan tentang upset prevention and recovery training (UPRT) berpengaruh terhadap proses pelatihan yang diberikan oleh maskapai untuk dapat menjamin kemampuan dan pengetahuan pilot dalam mencegah dan memulihkan kondisi upset," pungkas Nurcahyo.

(/)

Sentimen: negatif (66.7%)